Sukses

Ini Langkah XL Untuk Mendukung Kampanye Internet.org

XL menciptakan metodologi baru untuk mengukur dan meningkatkan performa jaringan secara menyeluruh menggunakan simulasi aplikasi Facebook.

Liputan6.com, Jakarta - Seperti yang diketahui, operator terbesar kedua di Indonesia yaitu XL baru saja menjalin kerjasama dengan Facebook dan Ericsson untuk menggelar kampanye Internet.org yang bertujuan membuat semua orang di dunia terhubung dengan koneksi internet.

Untuk membawa akses internet yang terjangkau ke dua pertiga penduduk dunia yang belum terhubung ke jaringan internet secara maksimal, bersama Facebook dan Ericsson, XL menciptakan metodologi baru untuk mengukur dan meningkatkan performa jaringan secara menyeluruh menggunakan simulasi pada aplikasi Facebook.

Optimalisasi perluasan jaringan yang diimplementasikan melalui proyek kerjasama ini akan meningkatkan cakupan aplikasi (app coverage) sampai dengan 70 persen.

"Kami yakin bahwa app coverage merupakan hal yang penting dan apa yang terlihat dalam menggunakan aplikasi Facebook pada network-wide statistics telah terbukti menjadi sebuah cara yang inovatif dan efisien untuk mendeteksi dan memberikan kesempatan dalam mengoptimalkan jaringan telekomunikasi dan aplikasi,” kata Hasnul Suhaimi selaku Chief Executive Officer XL Axiata melalui keterangan resminya, Senin (13/10/2014).

Di Indonesia, 75 persen pengguna berada pada jaringan 2G GSM/EDGE, Indonesia sendiri merupakan basis pengguna Facebook terbesar ke-empat di dunia. Perubahan realitas pasar di Indonesia tercermin dalam jaringan XL Axiata dimana pada tahun 2013, trafik data meningkat sebesar 142 persen.

Menurut XL Axiata, setengah dari 62.9 juta pelanggannya adalah pengguna data dan sebagian besar dari mereka menggunakan Facebook. Kerjasama XL Axiata, Facebook dan Ericsson menciptakan metodologi baru untuk menghitung dan meningkatkan kinerja jaringan secara end-to-end.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini