Sukses

Publisher Board Game Manikmaya Wakili Indonesia ke Jerman

Setidaknya ada empat game yang akan digotong Manikmaya Games ke ajang pameran board game internasional terbesar, SPIEL 2014 di Jerman.

Liputan6.com, Jakarta - Manikmaya Games, publisher game asal Bandung, berkesempatan untuk mewakili Indonesia di ajang pameran board game internasional terbesar, SPIEL 2014. Ini adalah pertama kalinya wakil Indonesia hadir di ajang tersebut.

SPIEL 2014 akan digelar pada 16-19 Oktober 2014 di Essen, Jerman. Dalam keterangannya, Selasa (14/10/2014), Andre Dubari dari Manikmaya Games menyebutkan bahwa mereka mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia untuk acara ini.

Manikmaya akan membawa board game dan card game terbaiknya ke Jerman. Setidaknya ada empat game yang akan digotong Manikmaya ke sana. Game ini didesain secara khusus untuk mempromosikan berbagai hal terkait Indonesia ke dunia internasional.

Adapun keempat game tersebut adalah Mat Goceng, Mahardika, The Festivals Of Indonesia dan Mashup Moster. Booth Manikmaya di SPIEL 2014 akan berlokasi di Hall 4 Booth B109.

Di Jerman sendiri, board game (permainan papan) sudah menjadi 'makanan' sehari-hari di setiap rumah dan keluarga. Manikmaya berharap, board game asli Indonesia yang mereka buat dapat menjadi bagian dari setiap keluarga di Indonesia.

Sekilas tentang board game Manikmaya



Mat Goceng
Mat Goceng adalah permainan kartu tentang pertarungan antara seorang “vrijeman” bernama Mat Goceng dan teman-temannya. Game kartu ini dirilis pada November 2013. Gameplay-nya unik, tema dan kontennya juga menarik. 

Setting permainan kartu ini mengambil latar pada jaman Batavia tahun 1922. Mat Goceng bisa dimainkan untuk 3 hingga 6 pemain. Permainanan ini mengajarkan cara negosiasi, deduksi, kompetisi sekaligus kerjasama untuk memotivasi terjadinya interaksi sosial.

Mat Goceng saat ini telah terjual ke berbagai negara antara lain Malaysia, Jepang, Korea, Australia, dan Amerika.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mahardika

Mahardika
Mahardika adalah sebuah board game bertemakan sejarah tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia. Pemain berperan menjadi salah satu dari tujuh tokoh nasional: Sukarno, Hatta, Sudirman, Tan Malaka, Ki Hajar Dewantara, Sutan Syahrir, Danudirja Stiabudi,untuk kemudian saling bekerja sama berjuang meraih kemerdekaan.




The Festivals of Indonesia

Game ini didesain secara khusus untuk mengenalkan potensi pariwisata Indonesia. Dalam permainan ini setiap pemain dituntut untuk menggunakan tiket yang ia miliki seoptimal mungkin untuk bisa mengunjungi berbagai tempat dan festival budaya yang ada di Indonesia.

Setiap kartu dan komponen yang ada didesain secara menarik untuk bisa memberikan informasi tentang potensi budaya dan pariwisata Indonesia sehingga secara tidak langsung setiap pemain akan termotivasi untuk lebih mengenal ragam budaya dan potensi wisata yang kita miliki.




Mashup Monster

Ini adalah permainan tentang menggabungkan dua monster agar menjadi satu monster yang baru, permainan ini dapat dimainkan oleh seluruh keluarga. Dengan mekanisme permainan yang sederhana namun sangat menarik, Mashup Moster bahkan telah bisa dimainkan oleh mereka yang berusia 6 tahun. Mashup Moster juga didesain untuk melatih kemampuan kognitif serta fokus dari para pemainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini