Sukses

Nexus 6 Jadi Varian Nexus Termahal

Tingginya harga Nexus 6 diklaim oleh Google merupakan permintaan dari para penggemar Android sendiri.

Liputan6.com, California - Smartphone Nexus besutan Google biasanya menjadi ikon perangkat mobile mumpuni berharga terjangkau. Nexus 4 dan 5 contohnya, saat pertama kali dipasarkan harga keduanya tidak lebih dari US$ 400. Tapi tidak dengan Nexus 6.

Harga yang ditetapkan Google untuk generasi terbaru, Nexus 6, cukup tinggi yaitu mencapai US$ 649 atau hampir Rp 8 jutaan tanpa kontrak. Menurut VP of Engineering Google Hiroshi Lockheimer, tingginya harga Nexus 6 adalah permintaan dari para penggemar Android sendiri.

"Orang-orang menginginkan sesuatu yang lebih premium," kata Lockheimer seperti yang dikutip dari laman Recode, dan ditulis Kamis (16/10/2014).

Meski begitu Lockheimer mengingatkan bahwa sistem opearsi Android terbaru versi Lollipop yang diusung Nexus 6 bukan hanya untuk smartphone premium. Platform tersebut juga akan diadopsi oleh smartphone segmen menengah ke bawah, bahkan untuk smartphone berharga di bawah US$ 100.



Nexus 6 sendiri diprediksi akan menjadi pesaing serius bagi iPhone 6 Plus dan Samsung Galaxy Note 4 di pasar phablet. Perangkat ini akan menjadi yang pertama dari keluarga Nexus yang masuk ke dalam jenis phablet.

Layar yang digunakan Nexus 6 adalah AMOLED QHD seluas 5,9 inci beresolusi 1.440 x 2.560 pixel. Sektor dapur pacunya dipersenjatai dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 805, didukung oleh baterai 3.200 mAh, dan opsi penyimpanan internal 32 dan 64 GB. kamera utamanya disebutkan sebesar 13 MP.

Rencananya Nexus 6 akan dipasarkan dengan banderol US$ 649 atau setara dengan Rp 7,9 juta. Masa pemesanannya dimulai pada 29 Oktober, dan akan tersedia di pasaran mulai awal November mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.