Sukses

3G Kini Hadir di Perbatasan Indonesia-Papua Nugini

Masyarakat di perbatasan Indonesia dan Papua Nugini boleh bersenang hati. Layanan 3G Telkomsel akhirnya hadir di kawasan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat di perbatasan Indonesia dan Papua Nugini boleh bersenang hati. Layanan 3G Telkomsel akhirnya hadir di kawasan tersebut. Warga di sana kini dapat mengakses internet dan menikmati layanan data melalui ponsel mereka.

Menurut Telkomsel, layanan ini merupakan layanan 3G pertama di kawasan tersebut. Beroperasinya jaringan 3G di sana merupakan wujud komitmen Telkomsel untuk menghadirkan mobile broadband ke seluruh masyarakat di penjuru tanah air.

"Hal ini ditujukan untuk mempercepat akselerasi pertumbuhan pembangunan di berbagai sektor di seluruh Indonesia, dimana ketersediaan informasi melalui teknologi telekomunikasi menjadi salah satu faktor yang amat penting," papar Direktur Network Telkomsel, Abdus Somad Arief.

Lebih lanjut dalam keterangan tertulisnya Kamis (16/10/2014) disebutkan, Telkomsel pertama kali beroperasi di perbatasan Indonesia dan Papua Nugini melalui layanan 2G pada 17 Oktober 2005. Saat ini Telkomsel memiliki 3 BTS (2 BTS 2G dan 1 BTS 3G) di perbatasan tersebut, yang menjangkau kampung Skow, Wutung dan Perbatasan.

Telkomsel juga berharap ketersediaan layanan 3G di perbatasan ini juga akan semakin menunjang berbagai kegiatan operasional para TNI sekaligus mempermudah komunikasi mereka dengan keluarganya di berbagai lokasi di seluruh Indonesia.

Telkomsel di Papua

Telkomsel terus meningkatkan kualitas layanan dengan membangun insfrastruktur guna memenuhi kebutuhan komunikasi. Hingga September 2014, Telkomsel tercatat telah membangun lebih dari 670 BTS di wilayah Papua - Maluku dan berencana untuk terus menambah pembangunan hingga Desember 2014.

Hingga September 2014, Telkomsel sudah memiliki lebih dari 4 juta pelanggan di wilayah Papua dan Maluku (tumbuh sekitar 14% dibanding September 2013). Dari jumlah itu, 1,3 juta pelanggan di antaranya berada di wilayah Jayapura. Dari sisi pengguna layanan data, hingga September 2014 Telkomsel memiliki 1,8 juta pengguna di wilayah Papua dan Maluku, tumbuh 14% dibanding tahun lalu.

Secara nasional, Telkomsel memiliki lebih dari 80.000 BTS yang tersebar hingga seluruh pelosok Indonesia dan 369 Broadband City. Penggelaran jaringan oleh Telkomsel ke seluruh Indonesia akan terus dilakukan kedepannya, guna mewujudkan Indonesia Digital.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini