Sukses

Developer Diarahkan Buat Aplikasi yang Lebih Ringkas

XL menggelar kegiatan hackaton agar para developer dapat mengembangkan aplikasi mobile yang lebih ringkas dan efektif.

Liputan6.com, Jakarta - PT XL Axiata Tbk (XL) menggelar kegiatan Hackaton dengan melibatkan sekitar 40 pengembang aplikasi lokal. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kerjasama XL dengan Facebook dan Ericsson.

Hackaton ini diadakan agar para developer dapat mengembangkan aplikasi mobile yang lebih ringkas dan efektif. Aplikasi yang dihasilkan dari hackaton ini nantinya dapat dinikmati oleh semua pelanggan XL serta pengguna Facebook di seluruh dunia.

"Tujuan Hackaton antara lain adalah mendorong dan meningkatkan kompetensi para developer lokal dan memberikan wadah bagi mereka untuk dapat meningkatkan keahlian dan pengetahuannya sehingga mampu menciptakan / menyediakan aplikasi yang tepat sesuai kebutuhan pelanggan, karakteristik dan desain teknologi seluler yang tersedia," kata Direktur Service Manajemen XL, Ongki Kurniawan dalam keterangannya, Kamis (16/10/2014).

Gelaran Hackaton ini disambut antusias oleh para pengembang. Pada sesi pengetesan misalnya, mereka dapat mengecek efektivitas desain sebuah aplikasi pada radio states. Mereka juga bisa mengukur sejauh mana aplikasi itu dapat digunakan, berapa data kuota yang dihabiskan serta masa pakai baterai.

Sejumlah developer bahkan tidak pernah menyadari bahwa aplikasi mereka membutuhkan perubahan desain agar lebih mudah diaplikasikan. Seluruh pengetesan aplikasi dari para pengembang lokal ini dilakukan melalui jaringan XL Node B dan RNC.

Dukungan XL terhadap para pengembang lokal akan terus dilanjutkan lewat kerjasama dengan membantu meningkatkan efektivitas aplikasi mereka. Dukungan ini juga seiring dengan upaya XL untuk terus meningkatkan kualitas layanan data.

Adapun pelanggan XL yang menggunakan Facebook tercatat mencapai 20 jutaan, 40% diantaranya melakukan akses Facebook melalui smartphone. Sedangkan pengguna smartphone di XL kurang lebih ada 13,3 juta pengguna.

Saat ini, penggunaan layanan data di XL terus meningkat. Selama semester pertama 2014, trafik layanan data XL tumbuh 158%, sedangkan pengguna layanan data telah mencapai sekitar 32 jutaan atau lebih dari separuh total pelanggan XL (62,9 juta). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini