Sukses

iPhone Curian Bisa Terdeteksi dengan Mudah via iCloud

Apabila status iCloud dalam posisi terkunci dan penjual tak bisa menon-aktifkannya, besar kemungkinan handset itu hasil curian.

Liputan6.com, Jakarta - Bukan rahasia lagi kalau perangkat mobile buatan Apple kerap jadi incaran para pencuri gadget. Apple pun terus berusaha untuk membuat perangkatnya bisa lebih baik dari tangan-tangan jahil yang mengincar produk besutannya.

Setelah sekian lama menggunakan iCloud untuk melindungi dan melacak posisi perangkat iPad atau iPhone yang dicuri, perusahaan itu menambahkan metode perlindugan baru.

Apple merilis fitur pemeriksa status perangkat iPad dan iPhone di iCloud. Pemeriksaan dilakukan melalui status activation lock memakai IMEI (international mobile station equipment identity) atau nomor seri.

Mengutip laman Apple Insider, fitur baru yang ditambahkan ini akan membuat para peminat iDevice bisa mengecek kondisi perangkat bekas yang ingin dibelinya dengan sangat mudah dan dalam waktu singkat.

Apabila status iCloud dalam posisi terkunci dan penjual tak bisa menon-aktifkannya, maka besar kemungkinan handset tersebut didapatkan dengan cara tidak halal alias barang curian. Perangkat yang terkunci itu tidak akan dapat digunakan hingga Apple ID dan password yang pas dimasukkan untuk membuka kuncinya.

Biasanya, para penjual yang tak bertanggung jawab bakalan mengambil resiko dengan menjakan perangkat tak halal yang terkunci itu demi keuntungan. Mereka tak peduli bila kemudian pembelinya di kemudian hari merasa dirugikan karena iCloud yang terkunci.

Tambahan fitur yang disediakan di iCloud ini bisa dimanfaatkan oleh setiap orang yang ingin membeli perangkat iDevice, termasuk orang awam. Ingin tahu seperti apa kemudahan baru yang disajikan Apple untuk mendeteksi status iCloud tersebut? Lihat saja di sini.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini