Sukses

Find My iPhone Selamatkan Wanita Korban Kecelakaan

Fitur untuk melindungi iPhone dan iPad dari pencurian ini malah bisa membantu menyelamatkan pemiliknya dari kematian.

Liputan6.com, Jakarta - Fitur Find My iPhone yang disediakan untuk menemukan perangkat yang hilang atau dicuri ternyata bisa memiliki fungsi lain, yakni menemukan korban kecelakaan. Seorang wanita korban kecelakaan di Campbell, Amerika Serikat berhasil diselamatkan berkat fitur pengamanan dari Apple tersebut.

Kejadian bermula ketika sebuah kendaraan menghilang dan diduga mengalami kecelakan dideteksi melalui teknologi monitor OnStar pada pukul 2 dini hari. Dua ban yang ada di kendaraan telah merusak kondisi mobil dan proses deteksi lokasi kecelakaan.

Sistem di OnStar menyebutkan kecelakaan terjadi di Highway 17 dan Camden Avenue. Ketika didatangi, pihak berwenang tak menemukan adanya bekas telah terjadi kecelakaan di lokasi yang ditunjukkan sistem OnStar. Sore harinya, sistem mengubah lokasi kendaraan jadi di pusat kota San Jose tapi hasilnya tetap nihil.

Untungnya ada polisi Campbell yang memahami teknologi. Polisi itu menemukan iPad ketika mendatangi rumah korban kecelakaan bernama Mellisa Vasquez untuk melakukan penggeledahan dan mencari petunjuk hilangnya kendaraan dan perempuan itu.

Polisi bernama Dave Cameron kemudian memanfaatkan fitur Find My iPhone untuk mencari lokasi ponsel terakhir dari Vasquez. Ajaibnya, seperti dikutip dari Phone Arena, Cameron bisa menemukan password perangkat milik Vasquez dan melacak lokasi iPhone.

Posisi yang ditunjukkan Find My iPhone tepat menunjukkan lokasi mobil dan Vasquez yang sudah hilang selama 17 jam. Wanita yang berada dalam kondisi kritis itu pun akhirnya dibawa ke rumah sakit menggunakan helikopter dan mendapat penanganan medis.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini