Sukses

Mesin Pencari Google Kelak Bisa Lebih Pintar

Google berambisi membuat mesin pencarinya menjadi lebih pintar, sehingga mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan rumit.

Liputan6.com, Jakarta - Sepak terjang Google sebagai raksasa mesin pencari sudah tidak diragukan. Kendati demikian, perusahaan asal Negera Paman Sam itu masih memiliki ambisi lain untuk membuat mesin pencarinya lebih pintar.

Executive Chairman Google, Eric Schmidt, mengungkapkan bahwa Google saat ini sedang berusaha mencari cara agar mesin pencarinya bisa menjawab pertanyaan yang rumit dan memberikan jawaban dari beberapa pertanyaan sekaligus.

Salah satu contoh pertanyaan rumit yang diharapkan bisa dijawab Google yaitu pengguna bertanya tentang harga tiket pesawat di bawah Rp 4 juta dengan tujuan tempat yang panas saat bulan Desember dan bisa snorkling.

"Itu adalah pertanyaan yang rumit karena Google harus tahu penerbangan dengan harga di bawah Rp 4 juta, tempat panas di musim dingin, dan lokasinya di dekat air yang ada ikannya," tutur Schmidt, seperti dilansir Business Insider, Kamis (23/10/2014).

"Pada dasarnya itu adalah tiga pertanyaan terpisah yang harus mendapatkan rujukan silang agar bisa mendapat jawaban yang benar. Sayangnya, kami belum bisa melakukannya saat ini. Tapi sedang kami kerjakan," sambungnya.

Lebih lanjut, Schmidt juga mengungkapkan bawah proses penemuan tidak akan pernah berakhir. Sehingga, menurutnya, penemu terbaik tidak pernah merasa pekerjaan mereka selesai. Begitu pula dengan Google.

Schmidt mengatakan bahwa Google.com saat ini sangat populer, tapi pekerjaan perusahaan belum selesai. Diungkapkannya, Google masih harus bekerja sangat keras untuk menghasilkan produk-produk terbaik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini