Sukses

Jokowi Dilantik, Telkomsel Kerahkan BTS Combat

Selain meng-upgrade jaringan, Telkomsel menempatkan COMBAT Compact Mobile BTS dengan 2 BTS SmallCell di acara pesta rakyat di Monas.

Liputan6.com, Jakarta - Pengamanan ketat di gedung MPR/DPR dalam rangka pelantikan Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia yang baru tidak hanya dilakukan oleh TNI dan kepolisian. Operator seluler Telkomsel juga mengamankan jaringan dan layanannya sepanjang hari ini.

"Kami akan terus memantau dan memastikan agar jaringan kami bekerja dengan baik selama proses pelantikan presiden hingga acara pesta rakyat," ujar VP Corporate Communication Telkomsel, Adita Irawati dalam keterangannya, Senin (20/10/2014).

Pengamanan jaringan ini, lanjut Adita, dilakukan untuk mendukung berbagai pihak melakukan koordinasi selama acara berlangsung, serta untuk menjaga kenyamanan pelanggan yang ingin berbagi momen bersejarah secara real time, terutama melalui media sosial.

Telkomsel menempatkan tim serta mobile genset  untuk disiagakan di beberapa lokasi utama yang akan menjadi pusat konsentrasi kegiatan maupun massa, termasuk di Gedung DPR/MPR, Bundaran HI, Sepanjang jalan Thamrin (antara HI dan Monas), Monas dan Istana Kepresidenan.

Upgrade Kapasitas Jaringan

Operator seluler terbesar di Indonesia itu juga meng-upgrade kapasitas jaringannya di lokasi-lokasi tersebut untuk mengatasi lonjakan trafik komunikasi. Setidaknya ada sekitar 59 BTS yang siap melayani pelanggan di wilayah tersebut, terdiri dari 35 BTS 3G dan 24 BTS 2G.

Untuk menambahkan coverage BTS existing, Telkomsel menempatkan COMBAT Compact Mobile BTS dengan 2 BTS SmallCell di panggung pesta rakyat di Monas. Telkomsel juga menyiagakan posko utama di GraPARI Alia, posko lapangan di TELKOM Gambir.

"Keistimewaan COMBAT adalah tidak hanya mampu memperluas jangkauan, tetapi juga menambah kapasitas jaringan trafik di suatu wilayah jika terjadi terjadi peningkatan yang signifikan," ungkap Adita.

Alat itu juga difasilitasi dengan general tower setinggi 36 meter, handphone set, laptop, software network, minilink, dan koneksi wifi. Adita mengklaim COMBAT ini sudah diuji coba pada acara khusus, seperti Lebaran, Summit Forum, konser, ataupun pertandingan olahraga di stadion.

"Kami sudah sering menempatkan Combat di Stadion Gelora Bung Karno-Jakarta," ungkap Adita.

Selain itu Telkomsel juga mengerahkan 10 Mobile GraPARI (MoGi) yang tersebar di titik-titik strategis di Senayan dan Monas untuk memudahkan para petugas, wartawan, maupun masyarakat yang hadir di acara pelantikan ini dalam berkomunikasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini