Sukses

Pengguna Sudah Tidak Tertarik dengan iPad?

Mayoritas pemilik iPhone juga diketahui lebih gemar menyandingkan perangkat mereka dengan komputer Mac dibandingkan dengan iPad.

Liputan6.com, California - Apple baru saja merilis laporan keuangan untuk kuartal ketiga tahun 2014. Hasilnya cukup memuaskan sekaligus mengecewakan. Bagaimana tidak, Apple patut berbangga karena berhasil menjual 39,3 juta unit iPhone di Q3 2014, melampaui prediksi analis yang memasang target angka penjualan sebanyak 38 juta unit.

Di sisi lain, Apple harus menelan pil pahit. Penjualan tablet iPad menurun 8% dari periode yang sama tahun lalu. Tercatat 'hanya' ada sekitar 12,3 juta unit iPad yang terjual, masih di bawah target Apple yang mencapai 13 juta unit.

Menurut laporan yang ditulis Steve Kovach dari Business Insider, salah satu penyebab utama merosotnya angka penjualan iPad adalah karena pengguna merasa tidak perlu meng-upgrade perangkat iPad mereka. Para pemilik iPad dinilai tidak tertarik membeli iPad generasi terbaru karena dianggap mengusung kemampuan yang tak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya.

Selain itu, mayoritas pemilik iPhone juga diketahui lebih gemar menyandingkan perangkat mereka dengan komputer Mac (MacBook atau iMac) dibandingkan dengan iPad.

Kondisi ini sendiri telah diakui oleh CEO Apple Tim Cook. Pada acara pengumuman laporan keuangan Q3 2014 ia mengatakan, "Orang-orang akan menyimpan iPad mereka lebih lama dibandingkan iPhone. Kami baru memasuki bisnis ini (tablet) selama empat tahun, terkadang kami belum mengerti siklus upgrade pengguna tablet seperti apa."

Apple sendiri minggu lalu baru saja memperkenalkan dua generasi terbaru dari iPad, yakni iPad Air 2 dan iPad Mini 3. Namun sayang, menurut situs teknologi The Verge kedua varian iPad terbaru dari Apple itu tidak mengalami perubahan signifikan dibanding dengan generasi sebelumnya.

Resolusi kamera contohnya, iPad Mini 3 masih menggunakan kamera iSight 5 megapixel, persis sama dengan apa yang ada di iPad Mini 2 yang diluncurkan tahun lalu. Lalu di sisi dapur pacu pun tak jauh berbeda. Apple masih membekali iPad Mini 3 dengan prosesor A7, bukan prosesor terkini versi A8. Layarnya pun masih sama 7,9 inci berteknologi Retina Display 2048 x 1536 pixel, dengan kerapatan 326 ppi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini