Sukses

iCloud Diretas Hacker, Tim Cook Datangi Pemerintah Tiongkok

Cook langsung menggelar pertemuan khusus dengan perwakilan pemerintah Tiongkok untuk membahas kabar peretasan iCloud tersebut.

Liputan6.com, Beijing - Beberapa waktu lalu dikabarkan bahwa otoritas Tiongkok tengah melakukan upaya penyusupan ke layanan penyimpanan berbasis awan milik Apple, iCloud. Menurut situs keamanan Greatfire.org, peretasan ini dilakukan sebagai usaha Tiongkok untuk mencuri password dan username pengguna iCloud di Tiongkok.

Mendengar permasalahan ini, CEO Apple Tim Cook dilaporkan langsung mengambil tindakan tegas. Laman Mashable, Kamis (23/10/2014), melansir bahwa Cook telah menggelar pertemuan khusus dengan perwakilan pemerintah Tiongkok untuk membahas kabar peretasan iCloud tersebut.

Wakil Perdana Menteri Tiongkok, Ma Kai, menjadi perwakilan pemerintah yang ditugaskan untuk bersua Cook.



Disebutkan ada dua topik pembahasan serius yang dibicarakan kedua belah pihak. Keduanya meliputi topik perlindungan data pengguna dan kerjasama di sektor pemasaran perangkat. Namun sayang, detail pertemuan antara Cook dan Ma Kai tidak dipublikasikan secara luas.

Sebelumnya situs keamanan Greatfire.org mengabarkan bahwa otoritas Tiongkok meng-hack iCloud agar mereka bisa mendapatkan bocoran pesan, foto mau pun berbagai informasi lain yang disimpan warga negara Tiongkok di layanan iCloud.

Penyusupan itu dilakukan dengan cara membuat sistem 'penyadapan' di antara jalur komunikasi internet pengguna dan server iCloud. Tindakan ini membuat pengguna perangkat buatan Apple percaya telah terkoneksi ke layanan iCloud seperti biasanya meskipun sebenarnya mereka telah dialihkan ke server lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini