Sukses

Matematika Tak Lagi Menakutkan Berkat Aplikasi Ini

Tak hanya hitung-hitungan biasa, Photomath juga bisa menyelesaikan soal aritmatika, pecahan dan desimal, pangkat dan akar.

Liputan6.com, Jakarta - Matematika merupakan salah satu pelajaran yang sulit bagi kebanyakan orang. Untuk menyelesaikan berbagai jenis soal matematika, kita membutuhkan alat bantu. Yang paling sering digunakan adalah alat bantu hitung, kalkulator.

Namun kini dengan sebuah aplikasi di smartphone Anda, soal matematika akan dengan mudah dapat diselesaikan. Aplikasi terbaru bernama 'Photomath' ini mendapat julukan sebagai 'kamera kalkulator'. Anda hanya perlu memotret soal matematika yang ingin Anda selesaikan. Lalu dengan teknologi text recognition, Photomath akan menyelesaikan soal tersebut.

Serunya lagi, Photomath tidak saja menampilkan hasil perhitungan. Aplikasi ini juga akan menjabarkan bagaimana langkah-langkah penyelesaian soal matematika. 

Tak hanya hitung-hitungan biasa, Photomath juga bisa menyelesaikan soal aritmatika, pecahan dan desimal, pangkat dan akar, serta persamaan linear sederhana.

"Website kami dikunjungi oleh jutaan orang setiap hari dan kemarin diunduh lebih dari 110.000 kali," ungkap Damir Sabol, CEO MicroBlink selaku pencipta aplikasi Photomath sperti dikutip dari laman Mashable, Sabtu (25/10/2014).

Meski cukup membantu, namun tak sedikit pula pihak yang mengkritik aplikasi ini. Ada sebagian pihak yang menganggap Photomath tidak mendidik bagi kalangan siswa.

Untuk sementara Photomath baru tersedia untuk iPhone dan smartphone berbasis Windows Phone. Di awal 2015 mendatang Photomath akan menyambangi perangkat Android.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini