Sukses

Anak Muda di Lombok Pakai Internet Untuk Apa?

Generasi muda di Lombok, Nusa Tenggara Barat mengaku telah terbiasa mengakses internet di dalam keseharian aktivitasnya untuk berkomunikasi.

Liputan6.com, Lombok - Internet sudah bukan lagi barang mewah bagi sebagian kalangan. Kehadiran teknologi yang membantu penggunanya lebih mudah menjelajah informasi ini secara penggunaan meluas ke masyarakat di berbagai daerah di Indonesia.

Generasi muda di Lombok, Nusa Tenggara Barat mengaku telah terbiasa mengakses internet di dalam keseharian aktivitasnya untuk berkomunikasi melalui layanan pesan instan ataupun berselancar di luasnya dunia 'tanpa batas'.

"Aku biasanya pakai internet di BlackBerry buat chatting pakai pesan instan BBM. Selebihnya buat browsing ngerjain tugas sama ngakses media sosial kaya Facebook sama Twitter," ungkap Tini, mahasiswi semester tujuh jurusan Ekonomi Universitas Mataram kepada tim Tekno Liputan6.com di Lombok.

Hal yang sama diakui oleh Weni, mahasiswa tingkat empat jurusan Akuntansi Universitas Mataram. "Aku pakai internet untuk BBM-an atau WhatsApp di BlackBerry, kalau di ponsel Android biasanya main game atau nonton video di YouTube," ujar Weni saat ditemui tim Tekno Liputan6.com di lapangan Sangkareang, Mataram.

Meski telah akrab dengan layanan data, baik Weni maupun Tini mengeluhkan kondisi layanan data di sekitar Nusa Tenggara Barat (NTB) yang masih terbatas. Mereka mengaku bahwa kualitas layanan data yang disediakan operator telekomunikasi di wilayah NTB masih sering hilang timbul.

"Seringnya terbatas jarak, kalau sudah masuk ke daerah yang agak ke pinggir pantai atau lebih ke kampung sinyal operatornya sering hilang. Jadinya gonta-ganti kartu tergantung tempat tujuan kita, tapi sekarang mau coba Tri karena katanya kecepatan mereka di sini sampai 42 Mbps dan sudah tersedia di seluruh NTB," ungkap Tini selepas menonton pertunjukkan 3030 Show yang digelar Tri Hutchison Indonesia.

NTB memang diakui Tri menjadi salah satu pasar empuk untuk memperluas pasar layanan data yang dimilikinya. Operator telekomunikasi yang merupakan bagian dari Hutchison ini mengaku telah menyediakan layanan data berteknologi 3G di 5 kabupaten-kota di sekitar NTB demi menggaet lebih banyak pelanggan data di wilayah ini.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.