Sukses

IndoKasih.com, Galang Dana via Internet Kini Lebih Mudah

Indokasih.com, sebuah pltform online untuk membantu penggalangan dana untuk yayasan-yayasan sosial di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Penggalangan dana untuk memberikan bantuan kepada yayasan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya menggunakan platform online, IndoKasih.com, yang diklaim sebagai channel baru bagi masyarakat untuk memberikan donasi ke yayasan sosial.

IndoKasih yang berdiri sejak September 2013 ini dikembangkan oleh Adam D'arcy, Theodora Sunarli, Nayoko Kho, Wilson Yanaprasetya, dan Arne Van Looveren. Adam selaku pendiri IndoKasih menuturkan bahwa tujuan dibuatnya platform ini adalah untuk mempermudah penggalangan dana.

"Kita ingin membantu mengumpulkan dana dari publik, sehingga mempermudah proses penggalangan dana. Selain itu, juga sudah ada sejumlah yayasan yang bisa dipilih oleh donatur," kata Adam dalam kunjungannya ke kantor Liputan6.com, Jakarta, Jumat (24/10/2014).

Adam menjelaskan bahwa siapa pun bisa menggalang dana untuk yayasan yang dikehendaki. Baik itu penggalangan dana dari pribadi atau perusahaan. Platform IndoKasih bisa digunakan oleh siapa pun, tanpa ada biaya pendaftaran.

Sejauh ini sudah ada sejumlah acara yang memanfaatkan IndoKasih dalam menggelar penggalangan dana. Salah satu yang terbaru adalah Mandiri Jakarta Marathon 2014. IndoKasih mengajak para peserta Jakarta Marathon 2014 untuk memberikan sumbangan melalui indokasih.com.

Nantinya, kata Adam, jika peserta itu berhasil mengumpulkan dana dari teman-temannya di Jakarta Marathon 2014, mereka berkesempatan mendapatkan 100 persen tiket refund dari Bank Mandiri.

Namun ada beberapa ketentuan, jika dana yang dikumpulkan mencapai Rp 1 juta, maka mendapatkan 50 persen tiket refund, 75 persen untuk dana Rp 3,5 juta, dan 100 persen jika berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 5 juta.

Semua uang yang dihasilkan dari setiap penggalangan dana, akan diberikan langsung kepada yayasan yang ditargetkan. Adam memastikan tidak akan terjadi penggelapan uang.

"Setiap bulan kami mentransfer uang ke target donasi, dan kami pastikan tidak ada korupsi," ungkap Adam sembari tertawa.

Menurut laman indokasih.com sendiri, 95 persen donasi akan disumbangkan ke yayasan. IndoKasih menjalankan platform dan layanannya dengan menetapkan biaya kecil di setiap donasi.

Sejumlah yayasan yang telah terdaftar di IndoKasih antara lain ACT, Indonesia Mengajar, Palang Merah Indonesia, WWF-Indonesia, dan Care4Kids Indonesia.

Tertarik menggunakan IndoKasih untuk membantu mengumpulkan donasi? Pertama, Anda harus membuat laman penggalangan dana (fundrising) di indokasih.com dan memilih tantangan yang ingin dilakukan. Setelah itu, bagikan informasi kepada teman-teman dan mengajak mereka berdonasi untuk yayasan pilihan Anda. Ketika tantangan dan target telah tercapai, hasil donasi akan dikirim secara otomatis kepada yayasan yang telah dipilih.

Jumlah uang yang telah terkumpul bisa dipantau oleh semua orang. Namun jika tidak mencapai target dana, IndoKasih memastikan tidak akan ada pembatalan donasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.