Sukses

Menkominfo Ganti, Aturan 4G LTE Masih Tak Kunjung Pasti

Hingga pergantian pemerintahan, regulasi soal teknologi 4G LTE secara komersial masih juga belum diresmikan pemerintah

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi berbasis internet cepat masih belum juga diterapkan secara penuh oleh pemerintah di Indonesia. Rencananya, aturan soal aplikasi teknologi berbasis internet cepat akan lahir sebelum masa jabatan Tifatul Sembiring sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika berakhir.

Sayangnya, rencana tinggal rencana. Hingga pergantian pemerintahan, regulasi soal teknologi 4G LTE (Long Term Evolution) secara komersial masih juga belum diresmikan pemerintah.

Terpilihnya Rudiantara sebagai Menkominfo disebutkan berbagai pihak merupakan langkah tepat demi mewujudkan industri telekomunikasi yang lebih baik. Bahkan, pria yang telah lama berada di industri telekomunikasi itu diharapkan akan mampu mempercepat lahirnya regulasi terkait teknologi 4G LTE.

"Tadi sudah saya tanya ke pak Tifatul soal aturan 4G LTE, beliau bilang sudah ada jadi nanti kita lihat saja kalau memang sudah ada kan tinggal dilanjutkan," kata Rudiantara sewaktu ditanya soal aturan penyelenggaraan layanan berbasis 4G di Kantor Kominfo, Jakarta.

Rudiantara sendiri menyebutkan bahwa pihaknya nanti akan memperjuangkan peningkatan dan perluasan koneksi internet cepat di Indonesia.

"Di kota-kota besar seperti Jakarta, internet cepat sudah cukup baik. Tapi kita maunya menyebar luas di semua daerah seperti di Korea Selatan," ungkap Menkominfo baru yang sebelumnya menjabat sebagai Komisaris Independen Indosat itu.

Sayangnya, Rudiantara masih belum dapat memastikan kapan regulasi seputar implementasi penerapan teknologi 4G LTE secara komersial oleh operator seluler. Padahal, lahirnya regulasi seputar 4G LTE telah molor beberapa tahun dari agenda yang telah ditetapkan Kominfo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini