Sukses

XL Raup Keuntungan dari Layanan Data

Menurut data yang dirilis, pendapatan XL meningkat sebesar 11% dari tahun lalu menjadi Rp 17.6 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu operator seluler terbesar di Tanah Air, PT XL Axiata Tbk. (XL), baru saja mengumumkan hasil pencapaian kinerja keuangan selama periode sembilan bulan terakhir di tahun 2014 (9M14).

Menurut data yang dirilis, pendapatan XL meningkat sebesar 11% dari tahun lalu menjadi Rp 17.6 triliun. Layanan data berkontribusi terbesar dengan pertumbuhan hingga 43%. Sementara layanan percakapan (call) dan SMS masing-masing tumbuh sebesar 4% dari tahun lalu. Sementara untuk marjin EBITDA menjadi 36%.

"Layanan Data kembali memberikan dorongan yang kuat terhadap pertumbuhan dan meningkatkan kontribusinya dari 23% tahun lalu menjadi 28% tahun ini dari total pemakaian pendapatan kami. Trafik layanan Data tumbuh 136% dari tahun lalu dengan jumlah pelanggan Data mencapai 31,2 juta pelanggan atau 53% dari total pelanggan," ungkap Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi dalam siaran pers yang dipublikasikan.

Hasnul juga menerangkan bahwa pengguna smartphone memberikan kontribusi sebesar 25% dari total pelanggan atau mencapai 14,6 juta pengguna XL hingga periode sembilan bulan untuk tahun 2014.

"XL kembali fokus pada layanan Data karena kita optimis dengan potensi pertumbuhan layanan Data yang besar. XL terus berinvestasi di infrastruktur agar kualitas layanan Data tetap terjaga dengan total 49.682 BTS yang dimiliki selama 9M14, termasuk 15.429 Node Bs," lanjut Hasnul.

Guna terus memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan, XL belum lamaini juga telah menggelar uji coba jaringan mobile generasi ke empat alias 4G LTE (Long Term Evolution) di sejumlah lokasi di wilayah Jakarta. Layanan terbaru real mobile 4G-LTE ini diklaim bisa menyuguhkan layanan internet kecepatan tinggi hingga 100 Mbps.

Untuk uji coba ini, XL bekerjasama dengan penyedia teknologi jaringan yaitu Huawei dan Ericsson. Untuk tahap awal, layanan 4G LTE baru bisa dinikmati di sejumlah lokasi yaitu satu lokasi secara full building atau seluruh area di gedung pusat perbelanjaan Kota Kasablanca dan Central Park. Empat lokasi lain yaitu Euphoria Lounge Menara Prima, XL Xplor Senayan City, XL Xplor Central Park, dan Graha XL.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.