Sukses

Bikin Kartun Tragedi 9/11, Kartunis Israel Di-bully di Twitter

Kartunis asal Israel di-bully di Twitter karena telah membuat sebuah gambar kartun bertema serangan 9/11 yang terjadi di Gedung WTC.

Liputan6.com, Seorang kartunis asal Israel tiba-tiba terkenal setelah mendapat sejumlah kritikan pedas di Twitter karena telah membuat sebuah gambar kartun bertema serangan 9/11 yang terjadi di Gedung World Trade Center (WTC), New York, Amerika Serikat.

Kartun kontroversial karya kartunis Amos Biderman dari media Haaretz tersebut menampilkan karakter Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sedang mengendarai pesawat menuju gedung yang di atasnya berkibar bendera Amerika Serikat. Pada samping bodi pesawat bertuliskan "ISRAEL".

"Pesannya adalah bahwa Bibi (panggilan Benjamin Netanyahu) yang arogan dan ceroboh menghancurkan hubungan Israel dengan Amerika Serikat dan membawa kita ke bencana pada tragedi 9/11," demikian pesan yang terdapat pada kartun yang di-posting ke Twitter oleh Haaretz (@haaretzcom).


Gambar kartun ini diterbitkan di tengah kontroversi, di mana seorang pejabat AS yang tidak disebutkan namanya dilaporkan menyebut Netanyahu sebagai orang yang `pengecut`. Banyak pihak tersinggung dengan kartun tersebut dan Anti-Defamation League (ADL) menuntut permintaan maaf.

"Kartun ini bisa menyakitkan hati banyak orang. Tak hanya menambah ketegangan antara pemerintah AS dan Netanyahu, tetapi juga bisa membuat keluarga korban tragedi 9/11 terluka," kata DirekturADL National, Abraham H. Foxman, seperti dikutip dari Huffington Post, Sabtu (1/11/2014).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.