Sukses

Operator Selular Ramai-ramai Klaim Siap Gelar Layanan 4G LTE

Telkomsel dan XL mengaku siap mengadopsi 4G LTE

Liputan6.com, Jakarta - Layanan telekomunikasi berbasis teknologi frequency division duplexing long term evolution (FDD-LTE) alias 4G belum digelar secara resmi. Belum hadirnya aturan dari pemerintah membuat operator telekomunikasi masih terganjal untuk menyediakannya secara komersial ke semua pelanggan telekomunikasi.

Belum lama ini, PT XL Axiata Tbk menggelar ujicoba layanan telekomunikasi berbasis FDD-LTE. Ujicoba ini disediakan secara terbatas oleh XL untuk pelanggannya di beberapa lokasi yang tersebar di Jakarta supaya bisa menjajal keunggulan dan fungsi 4G.

"Kita buka ujicoba di beberapa lokasi sesuai yang diizinkan pemerintah. Tujuannya untuk membuat pelanggan bisa merasakan dan mengenal lebih baik fungsi serta kemampuan yang bisa dihadirkan 4G bagi mereka," ungkap Henry Wijayanto, Public Relations Manager XL.

PT Telkomsel pun mengaku pihaknya telah siap untuk mengadopsi teknologi 4G LTE secara luas bagi 139,3 juta pelanggannya di seluruh Indonesia. Tahapan ujicoba untuk mengetahui kualitas dan kesiapan infrastruktur yang pernah dilakukannya beberapa kali dianggap cukup.

"Telkomsel sudah melewati masa trial 4G di tahun 2010 untuk Jakarta dan 2013 di Bali saat acara APEC. Hasil trial sudah dinyatakan berhasil dan sudah dilaporkan ke regulator, sementara ujicoba yang sudah dilakukan dirasa cukup," kata Alex J. Sinaga, Direktur Utama Telkomsel.

Lebih lanjut, baik XL maupun Telkomsel mengaku pihaknya telah siap mengadopsi teknologi 4G LTE secara komersial bagi seluruh pelanggannya di Indonesia. Berbeda dengan XL yang kembali menggelar ujicoba 4G LTE di Jakarta, Telkomsel mengaku memilih fokus untuk hal lainnya.

"Saat ini Telkomsel sedang melakukan persiapan untuk dapat memenuhi ketentuan sesuai peraturan yang berlaku dalam hal implementasi komersial 4G. Kita sedang lakukan persiapan agar siap launching komersial ketika regulasinya tersedia," tandas Alex.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.