Sukses

Waspada! 6 Jenis Pembunuh Berkeliaran di Facebook (Bagian I)

Elizabeth Yardley dan David Wilson, mencoba untuk mengidentifikasi sejumlah kasus pembunuhan yang terkait dengan penggunaan Facebook.

Liputan6.com, Jakarta - Meksi kini telah bermunculan berbagai macam pilihan media sosial, tak dapat dipungkiri Facebook masih menjadi yang terpopuler. Sebagai bukti, bos Facebook Mark Zuckerberg mengungkapkan bahwa jumlah pengguna media sosial ciptaannya itu telah mencapai 1,35 miliar per bulan untuk periode kuartal ketiga tahun 2014.

Tentunya itu merupakan angka yang cukup masif untuk sebuah platform media sosial berbasis internet. Namun dari sekian banyak pengguna Facebook, dikabarkan bahwa di antaranya ada sosok-sosok pembunuh berbahaya yang berusaha menjaring korbannya lewat media sosial.

Dua peneliti dari Birmingham City University, Elizabeth Yardley dan David Wilson, belum lama ini mencoba untuk mengidentifikasi sejumlah kasus pembunuhan yang terkait dengan penggunaan Facebook. Mereka berusaha menjalin koherensi bagaimana Facebook digunakan dalam kasus pembunuhan. Mereka menyebutnya dengan istilah 'Facebook Murder'.

Yardley dan Wilson dilaporkan laman NBC News telah memeriksa sebanyak 1.000 laporan yang teridentifikasi ke dalam kategori kasus 'Facebook Murder' di seluruh dunia. Laporan tersebut mereka kumpulkan dari berbagai media massa yang menyertakan pengakuan pelaku. 

Dan kesimpulan dari studi tersebut, ditemukan 6 jenis pembunuh yang berkeliaran di Facebook, atau dengan kata lain 'pembunuh yang memanfaatkan Facebook'. Mereka juga menemukan bahwa korban dari 'Facebook Murder' kebanyakan adalah pengguna berusia muda, terutama wanita.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 6 jenis 'Facebook Murder' menurut hasil studi Elizabeth Yardley dan David Wilson:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Reactor

1. Pembunuh jenis 'Reactor'

Sesuai dengan namanya, jenis pembunuh di Facebook yang satu ini bereaksi dengan keras. Pada jenis ini pelaku pembunuhan umumnya bereaksi atau mudah terpancing dengan informasi-informasi yang ditampilkan di Facebook. Mereka pun tak ragu untuk dengan cepat memutuskan menyerang calon korbannya di kehidupan nyata. Pembunuh jenis 'Reactor' adalah yang paling banyak ditemukan dan prosentasenya mencapai 27% kasus.

Contoh pembunuh ini muncul pada tahun 2008. Seorang pelaku pembunuhan bernama Wayne Forrester di Croydon, membunuh istrinya usai membaca posting sang istri yang menyatakan mereka telah berpisah dan sangat ingin bertemu lelaki lain.

3 dari 4 halaman

Informer

2. Pembunuh jenis 'Informer'

Pembunuh jenis ini menggunakan Facebook justru untuk menyampaikan rencana atau niat pembunuhan yang akan atau telah mereka lakukan. Prosentase pembunuh jenis ini mencapai 22,9% dari kasus-kasus yang diteliti.

Salah satu contoh pembunuh jenis Informer terjadi pada 2013. Seorang pelaku asal Colorado bernama Merrick McKoy dieketahui menculik putrinya yang baru berusia dua tahun dari mantan istrinya. McKoy lantas memposting foto dan beberapa pesan di Facebook, salah satunya, "Aku sudah bilang aku tak bisa hidup tanpamu. Lol (tertawa), kamu pikir aku bercanda." Lalu ia menembak mati putrinya dan memtuskan untuk bunuh diri.

4 dari 4 halaman

Antagonist

3. Pembunuh jenis 'Antagonist'

Pembunuh jenis ini dipicu oleh pertentangan dan perdebatan yang berujung maut di media sosial. Jenis pembunuh ini ditemukan sebanyak 16,7% dari seluruh kasus yang diteliti.

">

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini