Sukses

Misteri `Pukul 9:41` di Iklan iPhone 6

Jika ditelusuri, maka penunjukkan waktu pukul 9:41 tidak saja ditemukan pada materi iklan iPhone 6, melainkan juga pada Mac dan iPad.

Liputan6.com, California - Coba Anda perhatikan baik-baik seluruh iklan iPhone 6. Pasti Anda akan menemukan foto handset iPhone 6 yang pada bagian layarnya akan menunjukkan waktu pukul '9:41'. 

Jika Anda telusuri lebih lanjut lagi, maka penunjukkan waktu pukul 9:41 sebenarnya tidak saja ditemukan pada materi iklan iPhone 6, melainkan juga pada iklan komersil komputer Mac dan iPad. Lalu apa sebenarnya yang ingin disampaikan oleh Apple?



Menurut penjelasan seorang developer bvernama Jon Manning dari studio aplikasi rekanan Apple, Secret Lab, angka yang menunjukkan waktu pukul '9:41' tersebut baru digunakan Apple pada tahun 2010 ketika iPad generasi pertama dirilis.

Sebelumnya, atau tepatnya pada tahun 2007 saat pertama kali merilis iPhone, Apple selalu menggunakan angka penunjuk waktu pukul '9:41' pada materi iklan komesil mereka.

Alasan penggunaan angka-angka tersebut diyakini Manning adalah hal sepele. "41 atau 42 adalah angka waktu lamanya (durasi) presentasi (key note) sebuah produk terbaru dari Apple. Sebetulnya waktu presentasi sebuah produk Apple adalah 40 menit, namun disadari bahwa sangat sulit untuk tepat waktu pada sebuah event besar," jelas Manning seperti yang dilansir laman The Atlantic, Kamis (6/11/2014).

Sementara argumen lain sempat dituliskan di blog Engadget oleh seseorang yang tak menyebutkan namanya. Menurut yang dilansir laman Engadget, angka '9:41' ataupun '9:42' disesuaikan dengan waktu peluncuran produk Apple.

iPhone generasi pertama contohnya. Saat itu dipercaya bahwa Steve Jobs memperkenalkan iPhone tepat pada pukul 9:42 pagi, jadi pada iklan komersilnya dituliskan angka penunjuk waktu pukul '9:42'.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini