Sukses

Iklan di Perangkat Mobile Janjikan Peluang Manis

Penggunaan smartphone menjadi peluang manis bagi brand untuk memanfaatkan hal tersebut dalam kegiatan pemasaran.

Liputan6.com, Jakarta - Perubahan perilaku konsumen karena adanya perangkat mobile seperti smartphone, menjadi peluang manis bagi brand untuk memanfaatkan hal tersebut dalam kegiatan pemasaran.

Hal itu diungkapkan oleh Chief Service Management Officer PT XL Axiata (XL), Ongki Kurniawan, di perhelatan Mobile Marketing Association (MMA) Forum Indonesia 2014 yang berlangsung di Four Seasons Hotel, Jakarta, Kamis (13/11/2014).

Menurut Ongki, operator memiliki peranan penting dalam perkembangan iklan mobile. Saat ini, katanya, iklan tidak hanya bisa disajikan melalui media seperti televisi dan surat kabar. Sebaliknya, mobile dapat digunakan untuk menyasar konsumen secara tepat.

"Perilaku pengguna ponsel yang biasanya memeriksa perangkat mereka setelah bangun tidur, membuktikan adanya hubungan yang terjadi antara orang itu dengan ponselnya. Ini membuktikan ada kesempatan besar bagi brand untuk menggunakan media baru yaitu mobile untuk beriklan," jelas Ongki di Four Seasons Hotel, Jakarta.

Lebih lanjut, Ongki menjelaskan bahwa dibutuhkan kolaborasi yang kuat antara operator dan brand untuk menghasilkan iklan agar bisa menyasar target konsumen secara tepat. Data analisis mengenai konsumen XL, misalnya, dapat dijadikan patokan bagi brand dalam merilis iklan.

Sadar akan peluang besar dalam belanja digital, menurut Ongki, XL sendiri sudah memiliki unit khusus untuk mobile advertising atau iklan mobile. Bahkan, iklan mobile memiliki kontribusi yang cukup besar terhadap bisnis digital XL. Sayangnya, Ongki enggan merincinya.

"Dari sisi telekomunikasi, kami melihat kolaborasi dengan brand dalam iklan mobile ini juga dapat meningkatkan loyalitas konsumen," ungkap Ongki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.