Sukses

527 Ribu Aplikasi Ramaikan Windows & Windows Phone Store

Persaingan sistem operasi (OS) perangkat mobile semakin ketat, terutama soal jumlah aplikasi yang kompatibel.

Liputan6.com, Jakarta - Persaingan sistem operasi (OS) perangkat mobile semakin ketat, terutama soal jumlah aplikasi yang kompatibel. Microsoft adalah salah satu perusahaan yang berkecimpung dalam bisnis ini dengan dua OS andalannya yaitu Windows dan Windows Phone (WP).

Menurut catatan Phone Arena, perwakilan Microsoft, Joe Belfiore, pada tahun lalu memproklamirkan bahwa jarak antara jumlah aplikasi Windows Phone dan platform lain akan semakin dekat pada 2014. Meski penghujung tahun semakin dekat dan gap aplikasi masih ada, Microsoft mengumumkan jumlah baru yang dinilai cukup menjanjikan.

Raksasa software itu mengumumkan bahwa gabungan toko aplikasi Windows dan Windows Phone Store kini telah diramaikan oleh lebih dari 500 ribu aplikasi. Dalam penjelasan Microsoft disebutkan ada ratusan aplikasi baru yang masuk ke Windows dan Windows Phone Store setiap hari.

Microsoft mengatakan bahwa per 30 September 2014, Windows Phone Store memiliki sekira 340 ribu aplikasi, sedangkan Windows Store berkisar 187 ribu. Mengingat rencana Microsoft untuk menggabungkan dua toko itu menjadi satu dengan perilisan Windows 10 pada tahun depan, maka total aplikasi berhasil menembus jumlah 527 ribu.

Jumlah ini dinilai tidak terlalu buruk bagi Windows Phone, yang berhasil memiliki 300 ribu aplikasi pada dua bulan sebelumnya. Total aplikasi secara bertahap diyakini akan terus bertambah.

Lebih lanjut, saat ini pasar OS mobile masih dikuasai oleh dua kompetitor utama Windows Phone yaitu Android dan iOS. Sebagai perbandingan, aplikasi yang kompatibel dengan Android dan iOS, masing-masing telah mencapai lebih dari satu juta. (din/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.