Sukses

Rapat Kini Lebih Mudah Lewat BBM Meetings

Fitur tambahan baru ini berfungsi sebagai alat bantu agar pengguna BBM bisa melakukan meeting secara virtual.

Liputan6.com, Jakarta - BlackBerry tampaknya semakin serius menggarap peningkatan fitur yang ada di layanan pesan instan miliknya, BlackBerry Messenger (BBM). Sebuah fitur anyar hasil pengembangan perusahaan itu baru diumumkan tersedia dengan nama BBM Meetings.

Fitur tambahan baru ini berfungsi sebagai alat bantu agar pengguna BBM bisa melakukan rapat secara virtual. Rencananya, BBM Meetings disediakan agar bisa dipakai di berbagai perangkat maupun sistem operasi baik di Android, iOS, Blackberry, Windows, Mac.

Mengutip laman CrackBerry, Senin (17/11/2014), BBM Meetings disebutkan pula dilengkapi kemampuan yang memungkinkan para pengguna BBM dapat melakukan konferensi baik berupa video dan audio. 

Namun, untuk sementara BBM Meetings baru mulai tersedia untuk pengguna BBM versi Android, Blackberry OS 10, Mac OS X, dan Windows. Sementara bagi para pengguna BBM di perangkat iOS harus lebih bersabar karena masih dalam tahap pengembangan.

BlackBerry menyediakan kemampuan pertemuan maupun komunikasi berupa konferensi video ataupun audio secara mobile. Tambahan fitur di BBM ini disebutkan bisa menampung hingga 24 orang peserta dalam satu waktu konferensi.

BBM Meetings saat ini diklaim menjadi fitur pertama di dunia yang dapat memberikan solusi untuk menghubungkan antar pengguna melalui konferensi video dan audio di lintas perangkat dan platform.

Untuk bisa menjajalnya, para peserta 'rapat virtual' dapat menerima undangan lewat aplikasi BBM ataupun email. Undangan itu akan secara otomatis tersinkronisasi dengan aplikasi kalender di handset pengguna.

Ketika waktu rapat tiba, perangkat akan memberi notifikasi dan mengundang pengguna terdaftar untuk langsung bergabung di meeting yang sudah terjadwal tanpa perlu memasukkan PIN lagi.

Fitur teranyar ini disediakan bagi kalangan profesional maupun pebisnis yang punya mobilitas tinggi dan menggunakan ponsel dalam bekerja. Jadi, wajar saja bila aplikasi ini disediakan secara berbayar bagi penggunanya.

Perusahaan yang dinahkodai John Chen itu memberikan kesempatan pengguna BBM mencoba fitur ini secara gratis selama 30 hari. Setelah masa percobaan habis, penggunanya bisa kembali memakai BBM Meetings dengan membayar US$ 12,5 atau sekitar Rp 150 ribuan per bulan.  (den/isk

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.