Sukses

Pria Ini Tekor Rp 14 Juta Cuma untuk Akses Email

Bagi Anda yang kerap menggunakan layanan WiFi pesawat, sebaiknya berhati-hati agar biaya tidak membengkak seperti yang dialami pria ini.

Liputan6.com, Akses internet adalah salah satu hal penting bagi para pebisnis, terutama saat mereka sedang bepergian untuk bekerja. Namun Anda harus berhat-hati, karena tagihan akses internet bisa membengkak tanpa disadari.

Hal ini yang terjadi pada pendiri situs tren online TrendHunter.com, Jeremy Gutsche. Siapa sangka, niat awal hanya ingin mengakses email membuatnya harus membayar tagihan WiFi sebesar US$ 1.171 atau berkisar Rp 14 juta untuk 30MB data.

Alkisah, Gutsche ingin mengakses email ketika sedang dalam perjalanan di udara menuju Singapura menggunakan maskapai Singapore Airlines. Saat itu, dia mengaku mendaftar untuk pake data WiFi seharga US$ 30 atau sekitar Rp 365 ribu.

Paket WiFi itu digunakannya untuk melihat 155 halaman, yang sebagian besar berasal dari email. Gutsche menuturkan bahwa dia sempat menghabiskan waktu satu jam untuk mengunggah satu dokumen powerpoint berukuran 4MB, yang diperkirakannya memakan biaya US$ 100 atau sekira Rp 1,2 juta.

Selain itu, dia juga mengirim email kepada timnya dengan prediksi biaya US$ 10 atau sekitar Rp 121 ribu. Gutsche mengetahui harga per MB saat mendaftar paket WiFi.

"Saat itu saya membeli paket seharga US$ 30, kemudian saya tertidur di perjalanan dan saya sangat tidak menyangka biaya yang harus saya bayar melebihi batas," ungkap Gutsche, seperti dilansir Business Insider.  (din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini