Sukses

Cara Mudah Memotret Bayi yang Atraktif

Memotret bayi tak bisa dianggap sepele. Berikut ini beberapa faktor penting yang dapat Anda lakukan ketika memotret bayi.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak dari orangtua yang ingin mengabadikan sejumlah pose menggemaskan dari sang buah hati. Namun, memotret bayi tak bisa dianggap sepele. Mereka memiliki sejuta ekpresi dan gerakan, maka dari itu Anda harus sabar menunggunya.

Selain itu Anda juga harus piawai dalam mengontrol kamera. Berikut ini adalah beberapa faktor penting yang dapat Anda lakukan ketika memotret bayi. Simak sejumlah trik sederhana untuk menghasilkan foto bayi yang menarik. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Atur kamera

Atur kamera

Atur kamera Anda pada mode Aperture-priority (A). Dengan cara ini, Anda dapat memilih aperture dengan kecepatan rana yang tepat untuk eksposur yang baik. Dengan demikian Anda dapat mengontrol depth of field dengan mudah.

Mode ini bahkan dapat mempersempit aperture sehingga menghasilkan foto dengan latar belakang blur atau bokeh. Jangan sekali-kali menggunakan lensa wide atau lebar. Pasalnya penggunaan lensa ini dapat membuat bagian tubuh bayi terdistorsi, misalnya kepala atau kakinya menjadi terlihat lebih besar.

Kemudian atur ISO dengan setting-an yang cukup tinggi sehingga memungkinkan shutter speed cepat (minimal 1/100 detik) dan agar Anda tidak perlu menggunakan flash. Anda bisa pilih pengaturan ISO 400, ISO 800 atau 1600. Agar lebih aman Anda bisa memilih Auto ISO.

3 dari 5 halaman

Sigap dan cepat

Sigap dan cepat

Saat memotret bayi, jangan sampai kehilangan momen. Untuk itu Anda harus sigap dan bergerak dengan cepat. Akan tetapi, Anda juga harus bersabar, dalam artian siap menunggu momen terbaik.

Pegang kamera secara konstan, tunggu sampai bayi beraksi. Bila ada ekspresi wajah yang bagus, jepret sebanyak-banyaknya. Jangan pelit mengambil gambar karena dengan kamera digital, bila hasil foto tidak memuaskan bisa dihapus.

Usahakan jangan memotret sendirian agar Anda bisa memotret bayi dengan leluasa. Libatkan orang dewasa lainnya untuk menjaga bayi, mengarahkan bayi, atau ikut menjadi obyek foto.

4 dari 5 halaman

Jeli memilih angle

Jeli memilih angle

Tidak ada bayi yang tidak fotogenic sehingga tak ada alasan untuk tidak bisa menghasilkan foto-foto bayi yang lucu dan menggemaskan. Anda bisa memotretnya saat sedang makan, mandi, bermain atau tidur.

Namun ingat, foto bayi harus natural alias tidak perlu didandani secara berlebihan. Salah satu kunci keindahan foto bayi adalah penampilan yang natural. Yang terpenting, jangan sampai ekspresi bayi tenggelam oleh benda-benda atau warna-warni di sekitarnya.

5 dari 5 halaman

Ciptakan momen berkesan

Ciptakan momen berkesan

Ada baiknya, kenakan pakaian polos berwarna putih atau warna lembut. Singkirkan benda-benda di dekat bayi, seperti boneka atau bantal. Disarankan untuk mengganti seprei dengan motif polos.

Momen bagus dapat dipancing atau diciptakan. Buatlah bayi tertawa, berteriak atau menggerak-gerakkan tangan. Caranya adalah dengan cara memanggil nama atau menggoyangkan mainan ke pandangan matanya. (isk/dew)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini