Sukses

Apple Belum Bisa Move On dari Samsung Hingga 2016

Kedua perusahaan dikabarkan membuat kesepatan mengenai produksi prosesor uuntuk model iPhone dan iPad terbaru.

Liputan6.com, Jakarta - Apple dan Samsung memiliki hubungan yang cukup unik. Kendati dikenal bersaing dengan ketat di pasar smartphone, keduanya tetap menjalin kerjasama.

Laman Phone Arena mengutip laporan Korea Times yang menyebutkan bahwa Samsung dan Apple adalah bukti nyata bahwa rival dan mitra bisa berjalan beriringan. Kedua perusahaan dikabarkan telah membuat kesepakatan mengenai produksi prosesor untuk model iPhone dan iPad terbaru.

Samsung disebut kembali menjadi pemasok utama prosesor untuk Apple. Tak tanggung-tanggung, Samsung akan memasok 80 persen prosesor untuk dua produk terbaru Apple itu pada 2016.

Sisa pasokan sebesar 20 persen akan ditangani oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC). Tak ada yang berubah dalam skema kerjasama yaitu Apple tetap mendesain prosesor seri-A, sedangkan Samsung dan TSMC berperan untuk memproduksinya.

Kendati bekerjasama dengan perusahaan berbeda, Apple tetap memastikan hasil akhir produk di kedua perusahaan memiliki kualitas yang sama-sama baik. Tidak diketahui secara pasti uang yang harus dirogoh Apple untuk kerjasama ini.

Selain itu, Samsung diprediksi juga mendapatkan pesanan chip dari raksasa industri lainnya seperti Qualcom, NVIDIA, dan Sony. Dengan serangkaian kerjasama ini, keuntungan bisnis chip Samsung diprediksi akan menjulang pada tahun depan. (din/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.