Sukses

Update Android Lollipop Bikin Ponsel Tak Bisa Di-silent?

Kekhawatiran tersebut tidak beralasan. Pilihan mode notifikasi 'None' yang tertera pada Android Lollipop serupa dengan 'Silent'.

Liputan6.com, California - Pembaruan (update) sistem operasi Android 5.0 Lollipop telah tersedia di sejumlah smartphone dan tablet seri Nexus besutan Google. Smartphone LG G3 sebelumnya juga telah dikabarkan akan menjadi salah satu perangkat yang akan terlebih dulu mencicipi sistem operasi Android generasi teranyar itu.

Namun belum lama beredar, Android Lollipop sudah mendapat protes dari banyak pengguna. Menurut kabar yang beredar, update Android Lollipop justru menghilangkan mode 'Silent' pada perangkat.

Dengan kata lain, dering notifikasi panggilan telepon, SMS, pesan instan, email, dan berbagai notifikasi lainnya tidak dapat di-silent, alias akan bunyi terus, meski volume-nya masih bisa diminimalisir.

Kekhawatiran tersebut ternyata tidak beralasan. Laman Gigaom, Rabu (19/11/2014) melaporkan bahwa pada Android Lollipop ditemukan 3 pilihan mode notifikasi, yakni None, Priority, dan All. 



Memang tidak ada opsi mode notifikasi 'Silent' di situ. Akan tetapi, ternyata pilihan mode notifikasi 'None' yang tertera pada Android Lollipop serupa dengan 'Silent'. Mode ini digunakan pengguna untuk beberapa keperluan. Misalnya ketika rapat atau pertemuan penting.

Mode 'None' akan membuat perangkat benar-benar tidak mengeluarkan suara notifikasi, bahkan layar pun tidak akan menyala bila ada notifikasi yang masuk.

Sementara untuk mode notifikasi 'Priority', pengguna dapat memilah sejumlah notifikasi penting seperti alarm atau panggilan --pesan, email, dan sebagainya-- yang berasal dari orang-orang terdekat. Sedangkan notifikasi lainnya tidak akan terdengar.

Dan untuk opsi mode notifikasi 'All', semua notifikasi akan muncul seperti normal. (dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.