Sukses

5 Video Terpopuler Sebelum YouTube Lahir ke Internet

Apa saja video yang paling populer sebelum YouTube dan Facebook menghiasi dunia internet? Simak ulasannya.

Liputan6.com, Jakarta - YouTube bukanlah satu-satunya platform yang memungkinkan pengguna internet mengirim video lucu dan mengejutkan. Banyak media sosial, seperti Instagram, Vine, Facebook, Vimeo, Tumblr dan lainnya yang dapat membuat postingan video menjadi sangat populer dan viral. 

Namun tahukah Anda bahwa ada sejumlah video yang menjadi sangat populer sebelum situs berbagi video seperti YouTube dan media sosial Facebook LAHIR ke dunia internet.

Seperti yang diketahui, Youtube didirikan pada bulan Februari 2005 oleh tiga orang mantan karyawan PayPal, yaitu Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim.

Sementara Facebook diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg sebagai media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard University.

Lalu, apa saja video yang paling populer sebelum YouTube dan Facebook menghiasi dunia internet? Simak ulasannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Star Wars Kid

1. Star Wars Kid (2003)

Dilansir About Technology, Senin (8/12/2014), pada awal tahun 2000-an, seorang remaja bertubuh gempal merekam dirinya sendiri. Dalam video lucu ini ia tampil dalam sebuah adegan pertarungan imajiner dengan Star Wars yang berpura-pura menggunakan pedang cahaya.

Menurut laman Know Your Meme, video ini di-upload ke sebuah program jaringan filesharing bernama Kazaa dan kemudian tersebar secara luas. Lalu beberapa situs humor merubahnya menjadi parodi dan dibuat dengan efek khusus. Video bertajuk Star Wars Kid ini diperkirakan telah dilihat lebih dari satu miliar kali.

3 dari 6 halaman

Dancing Baby

2. Dancing Baby (1996)

Video yang dikenal dengan sebutan Dancing Baby atau Oogachaka Baby sangat populer di tahun 1990-an. Video ini menampilkan animasi 3D bayi yang sedang menari dengan intro lagu dari band rock asal Swedia.

Video tersebut tersebar melalui pesan email berantai, jauh sebelum media sosial dan era Web 2.0 melanda dunia internet. Pastinya Anda pernah melihat video ini bukan?

4 dari 6 halaman

Don Hertzfeldt's Rejected

3. Don Hertzfeldt's Rejected (2000)

Sebuah film komedi pendek yang disebut `Rejected` mulai bermunculan di situs humor internet di awal tahun 2000-an. Saat itu Don Hertzfeldt's Rejected dinominasikan sebagai Best Animated Short Film pada ajang Academy Awards.

Padahal, film kartun ini berisi konten yang aneh dan tidak masuk akal. Kutipan seperti "I am a banana" dan "My spoon is too big!" dari film ini menjadi salah satu kata paling populer yang kerap diparodikan oleh berbagai kalangan.

5 dari 6 halaman

Numa Numa

4. Numa Numa (2004)

Video bertajuk Numa Numa ini menampilkan seorang pria yang menari dan bernyanyi  lip-synch lagu Dragostea din tei. Video ini di-upload ke situs hiburan Newgrounds pada tahun 2004 dan langsung menjadi viral.

Saat itu video lucu tersebut telah dilihat jutaan kali dan saat ini mungkin telah ditonton lebih dari satu miliar kali, mengingat banyak salinan video itu yang tersebar di Internet.

6 dari 6 halaman

The End of the World


5. The End of the World (2003)

The End of the World adalah film animasi pendek konyol yang menggambarkan hari kiamat. Video ini tersebar secara luas setelah di-upload ke situs humor Albino Blacksheep pada tahun 2003.

Beberapa bagian dari narasi dalam film kartun ini menjadi ikonik, seperti "I am le tired," dan "WTF, mate?" Kemudian video ini dengan cepat menyebar ke sejumlah situs humor lain. (isk/dew)

    

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.