Sukses

Printer 3D MakerBot Bisa Dicicipi di ITGCC 2014

Para pengunjung ITGCC 2014 dapat mencoba langsung dan berkreasi menggunakan printer 3D MakerBot.

Liputan6.com, Jakarta - Di bulan Juli 2014 lalu, pasar Tanah Air kedatangan produk inovatif printer 3D berlabel MakerBot asal Amerika Serikat. Printer canggih ini manyambangi Indonesia dibawa oleh distributor Perdana Occitek.

Pada ajang Indonesia Toy, Game, & Comic COnvention (ITGCC) 2014 yang akan berlangsung 22-21 November akhir pekan ini di JIExpo Kemayoran, Jakarta, printer 3D MakerBot juga akan ambil bagian memamerkan kemampuan yang dimilikinya.

Menurut keterangan yang dirilis Reed Panorama Exibhition (RPE) selaku pihak penyelenggara ITGCC 2014, para pengunjung dapat mencoba langsung dan berkreasi menggunakan printer 3D MakerBot.

Printer 3D memang tengah menjadi tren di industri teknologi. Perangkat cetak canggih ini mampu mempermudah proses kreasi penggunanya. Dengan bantuan software komputer, printer 3D dapat memproduksi banyak bentuk 3D berbahan dasar plastik campuran.

Di Indonesia sendiri, telah beredar printer 3D besutan MakerBot seri Replicator 2 dan Replicator 2X. Keduanya diklaim mampu mencetak mainan, suku cadang mesin, maket bangunan, dan lain sebagainya dengan sangat mirip menyerupai aslinya dalam bentuk 3D.

Namun sayang harga pasaran sebuah perangkat printer 3D masih cukup tinggi. Sebagai contoh, printer 3D MakerBot Replicator 2 dibanderol US$ 3.000 atau sekitar Rp 35 juta, sementara Replicator 2X dijual seharga US$ 4.000 atau Rp 47 jutaan. (dhi/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.