Sukses

Telkomsel Siap Gelar 4G-LTE Bulan Depan

Perusahaan berharap bisa segera mengkomersialkan jaringan 4G dengan harapan bisa terwujud pada Desember tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Para operator telekomunikasi seluler saat ini tengah berlomba untuk terlebih dahulu meluncurkan layanan 4G-LTE (Long Term Evolution) di Indonesia, salah satunya adalah Telkomsel.

Perusahaan berharap bisa segera mengkomersialkan jaringan 4G, dengan harapan bisa terwujud pada Desember tahun ini. Vice President Technology and System Telkomsel, Ivan Cahaya Permana, menuturkan bahwa Telkomsel telah siap menggelar 4G di 900 MHz.

"Kita sedang dalam rencana dan jika pemerintah memberikan lampu hijau, bulan Desember 2014 kita akan luncurkan 4G di 900 MHz," tutur Ivan di Jakarta.

Perusahan juga telah melakukan serangkaian persiapan termasuk dari sisi infrastruktur untuk memperkuat Base Transceiver Station (BTS) LTE, menambah antena atau modul. Kendati demikian, anak usaha Telkom ini menyerahkan realisasi peluncuran jaringan 4G secara komersial di tangan pemerintah.

Secara terpisah, Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati, mengamini rencana Telkomsel menggelar layanan 4G secara komersial. Telkomsel, katanya, berharap bisa secepatnya merealisasikan hal tersebut.

Namun Aditia mengembalikan hasil akhirnya kepada pemerintah, apakah 4G bisa digelar pada bulan depan atau tidak? Jika semuanya berjalan lancar, maka semakin cepat makin baik.

"Kita ingin secepatnya bisa menggelar 4G, tapi semua kembali lagi kepada pemerintah. Karena ada berbagai pertimbangan seperti sertifikasi dan ULO (Uji Laik Operasi)," ungkapnya. (din/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.