Sukses

Nokia N1 vs Nexus 9, Mana Tablet Android Lollipop yang Terbaik?

Nokia N1 vs Nexus 9: Ingin tahu Tablet Android Lollipop manakah yang lebih baik? Berikut ulasannya!

Liputan6.com, Jakarta - Nokia membuat gebrakan baru dengan meluncurkan tablet Android bernama Nokia N1. Head of Products Business Nokia, Sebastian Nystrom, mengumumkan langkah baru ini dalam sebuah acara untuk perusahaan teknologi dan startup, Slush 2014 di Helsinki, Finlandia.

Kabarnya, Tablet 7,9 inci ini akan dijual seharga US$ 250 atau berkisar Rp 3 juta di pasar Tiongkok pada 19 Februari 2015. Namun, apakah dengan segala spesifikasi yang ditawarkan Nokia N1 ini bisa menandingi penjualan yang diraih Nexus 9?

Ini dia ulasannya, seperti yang dilansir dari laman PC Advisor, Jumat (21/11/2014).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Perbandingan Desain dan Display

Perbandingan Desain dan Display

Nokia N1 berukuran lebih kecil dibanding Nexus 9, yaitu dengan 7.9 inci dan 8.9 inci. Tak heran jika Nokia N1 juga lebih ramping dan ringan (318 gram) sehingga nyaman untuk digenggam satu tangan.

Nokia N1 mengadopsi sasis unibody sandblasted bermaterial aluminium, sedangkan Nexus 9 dilapisi dengan logam aluminium dan plastik lunak di bagian belakang.

Untuk ketajaman warna layar, keduanya memiliki warna cerah dan sudut pandang yang baik. Nokia N1 memiliki kepadatan piksel lebih tinggi yaitu 324ppi, sedangkan Nexus 9 dengan 287ppi.

Keunggulan Nexus 9 terletak pada suara speaker internal stereo yang bebas distorsi sehingga suara terdengar lebih jernih.

3 dari 5 halaman

Perbandingan Hardware, Storage, dan Kinerja

Perbandingan Hardware, Storage, dan Kinerja

Kedua tablet ini ditopang prosesor quad-core 2.3GHz 64-bit, tetapi Tegra K1 pada Nexus 9 adalah Intel Atom Z3580. Hal ini membuatnya lebih baik untuk bermain game dibanding Nokia N1 dengan chip GPU PowerVR G6430 533MHz.

Kedua tablet sama-sama menggunakan RAM 2 GB. Nexus 9 hadir dengan pilihan kapasitas penyimpanan 16 GB atau 32 GB dengan standar harga yang lebih tinggi dibandingkan Nokia N1 dengan memori 32 GB. Anda bisa menghemat uang untuk membeli 16 GB untuk penyimpanan (storage).

Dengan kapasitas baterai 6700mAh, Nexus 9 dapat memainkan video selama 11 jam dan hanya butuh waktu sekitar 4 jam untuk mengisi ulang. Sementara Nokia N1, mengklaim bisa bertahan selama 9 jam untuk memainkan video dengan kapasitas baterai yang lebih kecil sebesar 5300mAh.

4 dari 5 halaman

Perbandingan Konektivitas dan Software

Perbandingan Konektivitas dan Software

Masalah konektivitas, Nexus 9 adalah pemenangnya. Keduanya menawarkan dual-band 802.11ac Wi-Fi dengan MIMO dan Bluetooth 4.0 (4.1 untuk Nexus 9). Sayangnya, Nokia N1 tidak bisa menyesuaikan kemampuan fitur NFC dan konektivitas mobile seperti Nexus 9.

NFC sendiri merupakan fitur tambahan yang dapat membantu untuk melakukan pembayaran online secara cepat yang mendukung mastercard.

Nexus 9 dan Nokia N1 menjalankan sistem operasi Android Lollipop. Perbedaannya adalah Nexus 9 memiliki implementasi vanili dari Lollipop, Nokia menambahkannya dengan nama Z Launcher.

Memiliki bawaan aplikasi yang sama dengan tablet atau smartphone berbasis Android lainnya, Nokia N1 menjadi lebih unggul karena memiliki  Z Launcher tersebut.

Z launcer milik Nokia N1 diklaim lebih lengkap dan simpel, serta juga dilengkapi Scribble. Fitur ini memungkinkan Anda menuliskan huruf T misalnya dan dengan cepat membuka aplikasi untuk Twitter.

5 dari 5 halaman

Perbandingan Kamera

Perbandingan Kamera

Meksipun keduanya dilengkapi  kamera belakang dengan 8 megapiksel  dan fitur Geo-tagging, tetapi Nexus 9 lebih unggul dengan kelengkapan autofocus, LED flash, touch focus, face detection, dan suara yang lebih jernih saat merekam video.

Namun, bagi Anda yang doyan selfie, Nokia N1 adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, Nokia N1 memiliki kamera depan beresolusi 5 megapiksel, sedangkan Nexus 9 hanya menyematkan kamera 1.6 megapiksel. (jaz/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini