Sukses

Xiaomi Optimis Bisa Kuasai Pasar Smartphone Dunia

Setelah menjadi vendor smartphone nomor tiga di dunia, Xiaomi optimis bisa menduduki peringkat pertama dalam beberapa tahun mendatang.

Liputan6.com, Jakarta Xiaomi tidak begitu saja puas setelah berhasil menjadi manufaktur smartphone terbesar ketiga di dunia. Kini perusahaan asal Negeri Tirai Bambu itu membidik posisi nomor satu dalam waktu lima sampai 10 tahun ke depan.

Optimisme ini disampaikan oleh pendiri sekaligus Chief Executive Officer (CEO) Xiaomi, Lei Jun, dalam sebuah acara yang juga dihadiri eksekutif Apple, World Internet Conference di Wuzhen, Tiongkok. Jun menggambarkan Xiaomi sebagai keajaiban kecil yang akan mendominasi dunia smartphone.

Dia yakin tidak ada orang yang berpikir bahwa Xiaomi akan menjadi pemain terbesar ketiga di dunia, sejak pertama kali meluncurkan ponsel.

"Kini India adalah pasar luar negeri terbesar kami. Dalam waktu lima atau 10 tahun, kami memiliki peluang menjadi perusahaan smartphone nomor satu di dunia," ungkap Jun seperti dilansir The Guardian, Jumat (21/11/2014).

Xiaomi didirikan pada tahun 2010 dan meluncurkan smartphone pertamanya, satu tahun kemudian di Tiongkok. Perusahaan ini kemudian dengan cepat meroket dan menjadi manufaktur smartphone nomor satu di tanah kelahirannya, hingga memiliki 70 juta pengguna dan menjadi manufaktur smartphone terbesar ketiga di dunia pada kuartal ketiga tahun ini.

Jun mengatakan, perusahaan memperkirakan basis pengguna akan meningkat tiga kali lipat pada tahun depan menjadi 200 juta. Perusahaan juga menargetkan menggeser Samsung dari posisi nomor satu di pasar global, berbekal ekspansi yang dilakukan ke berbagai pasar baru.

Sebagai informasi, Samsung dan Apple saat ini bertengger di posisi dua besar pasar smartphone dunia.

"Di negeri yang ajaib ini, kita tidak hanya membuat perusahaan seperti Alibaba, tapi juga keajaiban kecil seperti Xiaomi," tuturnya. (den/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.