Sukses

Robot Philae Deteksi Molekul Organik di Komet, Ada Kehidupan?

Robot Philae mendeteksi adanya molekul organik di atmosfer komet 67P/Churyumov-Gerasimenko. Molekul ini adalah dasar bagi adanya kehidupan.

Liputan6.com, Jakarta - Robot Philae mendeteksi adanya molekul organik di atmosfer komet 67P/Churyumov-Gerasimenko, demikian seperti dikutip dari Fox News, Jumat (21/11/2014). Molekul organik sendiri adalah dasar bagi adanya kehidupan.

Badan Antariksa Eropa telah mengkonfirmasi bahwa sistem COSAC (Comentary Sampling and Composition), yaitu alat analisa gas yang terdapat pada Philae, telah mendeteksi adanya molekul organik sesaat setelah mendarat.

Dr Fred Goesmann, peneliti utama COSAC, mengatakan bahwa tim masih mencoba untuk menginterpretasikan hasil tersebut. Meskipun ditemukan molekul organik, tetapi belum dapat disimpulkan ada atau tidaknya kehidupan di komet tersebut.

Selain itu, tugas lain Philae adalah untuk mengebor permukaan komet. Pengeboran sampai saat ini masih dilakukan untuk dapat mengambil sampel tanah dan meneliti kandungan di dalamnya.

Sebelumnya, Philae telah membuat sejarah pada tanggal 12 November lalu karena untuk pertama kalinya berhasil mendarat di sebuah komet dengan jarak lebih dari 300 juta mil dari bumi setelah misi panjang perjalanan ruang angkasa selama 10 tahun.

Sebelum mendarat, Philae pun mengalami beberapa masalah seperti pendaratan yang tidak mulus dan baterai yang hampir habis.  (rio/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini