Sukses

Ujicoba Layanan 4G LTE, Indosat Bikin Kartu SIM Baru

Instalasi di sisi perangkat jaringan maupun kartu SIM telah dilakukan Indosat demi mendukung ujicoba layanan 4G LTE.

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai operator telekomunikasi seluler di Indonesia tengah mempersiapkan diri mengadopsi teknologi 4G LTE (Long Term Evolution). PT Indosat Tbk telah meluncurkan ujicoba layanan berbasis 4G LTE di frekuensi 900 Mhz miliknya.

Operator ketiga terbesar di Indonesia ini telah melakukan beberapa persiapan demi menggelar layanan 4G LTE. Instalasi di sisi perangkat jaringan maupun kartu SIM telah dilakukan Indosat demi mendukung ujicoba 4G LTE yang akan dilakukannya.

"Pelanggan bisa langsung ikut coba layanan 4G milik kita yang dilakukan di Jakarta. Mereka cuma perlu mengganti kartu SIM yang mereka pakai dengan yang kita sediakan dan pakai perangkat 4G supaya bisa ikut merasakan layanan yang sedang diujicoba," papar Alexander Rusli, Presiden Direktur dan CEO Indosat di Jakarta.

Lebih lanjut, Alexander menjelaskan bahwa perangkat ponsel pengguna juga harus sudah memiliki dukungan 4G di frekuensi 900 Mhz. Penggantian kartu dilakukan karena kartu yang biasa dipasarkan Indosat belum memiliki kemampuan menangkap teknologi 4G LTE.

"Beda desain chip yang ada di kartu SIM lama, selain itu juga kapasitas kartunya berbeda. Biasanya kartu SIM itu memakai kapasitas 32 kb sedangkan untuk 4G kita pakai yang kapasitasnya 128 kb," ujar Alexander di acara perayaan hari ulang tahun ke 47 Indosat.

Meskipun memakai kartu baru, Alex menyebutkan bahwa pelanggannya bisa tetap mempertahankan nomor lama yang telah biasa dipakai. Ia pun menyebut, Indosat tidak akan menambah alokasi dana khusus untuk membuat kartu baru pendukung layanan 4G miliknya.

"Kita kan pasti beli kartu SIM jadi gak ada alokasi dana khusus untuk pembuatan kartu. Bedanya kita pakai desain kartu yang sudah mendukung 4G saja di pesanan kartu baru kita," jelasnya.

Ujicoba terbaru yang dilakukan Indosat ini seiring dengan aba-aba dari Kementerian Komunikasi dan Informatika terkait izin komersil di frekuensi 900 MHZ. Rencananya izin tersebut akan dikeluarkan pemerintah menjelang akhir tahun 2014.

Pria yang akrab disapa Alex itu juga menjelaskan bahwa Indosat akan terlebih dulu menggelar layanan 4G di frekuensi 900 MHz sesuai dengan arahan izin komersil Kemkominfo.

Dimulainya gelaran layanan 4G LTE diharapkan akan mendorong pertumbuhan ekosistem secara keseluruhan hingga bisa dinikmati dengan merata pada pertengahan 2015 mendatang. (den/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Indosat adalah salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi dan jaringan telekomunikasi di Indonesia.

    Indosat

  • 4G LTE

Video Terkini