Sukses

Tidak Ada Lagi Aplikasi `Free` di Apple AppStore

Aplikasi gratisan masih tersedia di AppStore, hanya saja labelnya berganti menjadi 'Get', bukan 'Free' seperti biasanya.

Liputan6.com, Jakarta - Apple dilaporkan menghilangkan seluruh aplikasi berlabel 'Free' alias 'gratis' di toko aplikasi miliknya. Namun jangan panik dulu, pasalnya Apple ternyata hanya mengganti istilah 'Free' menjadi 'Get' di AppStore.

Dengan kata lain, aplikasi gratisan masih tersedia di AppStore. Hanya saja labelnya berganti menjadi 'Get', bukan 'Free' seperti biasanya.

Bukan hanya itu, khusus untuk aplikasi-aplikasi gratis bersistem freemium --gratis diunduh tapi berbayar jika ingin mendapatkan konten tambahan-- Apple juga telah memberikan keterangan 'In-App Purchase' agar pengguna tidak kebingungan. 



Menurut yang dilansir laman Apple Insider, perubahan ini dilakukan oleh Apple karena banyaknya protes terhadap jenis aplikasi freemium. Banyak pengguna yang mengeluhkan merasa tertipu setelah mengunduh aplikasi berlabel 'Free', tetapi ketika bermain mereka diharuskan membayar untuk mendapatkan konten-konten tambahan.

Dengan diterapkannya sistem penamaan baru ini, Apple berharap tidak ada lagi pengguna yang merasa dirugikan, atau tertipu. (dhi/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini