Sukses

Google Doodle Rayakan Ultah Henri de Toulouse-Lautrec ke-150

Google Doodle rayakan ulang tahun Henri Marie Raymond de Toulouse-Lautrec-Monfa atau yang terkenal dengan Henri de Toulouse-Lautrec ke-150.

Liputan6.com, Prancis Google Doodle hari ini, Senin (24/11/2014), tidak mau ketinggalan merayakan ulang tahun Henri Marie Raymond de Toulouse-Lautrec-Monfa atau yang terkenal dengan Henri de Toulouse-Lautrec ke-150. Siapakah dia?

Henri de Toulouse-Lautrec adalah seorang pelukis, zaman Renaisans, dan seorang ilustrator kehidupan Paris yang penuh dengan warna dan teater pada tahun 1800-an.

Ia selalu hadir dengan koleksi lukisan yang penuh dengan makna menarik, elegan, dan provokatif untuk mengubah kehidupan menjadi masyarakat modern sepereti yang dilansir dari Mirror.co.uk, Senin (24/11/2014).

Henri de Toulouse-Lautrec bersama dengan Cézanne, Van Gogh, dan Gauguin merupakan salah satu pelukis terkenal pada masa pasca impresionisme atau masa dimulainya pergerakan seni rupa di tahun 1800-an. Salah satu karya yang terkenal darinya adalah lukisan pesta dansa Moulin Rouge.

Seniman ini lahir pada tanggal 24 November 1864 dan meninggal dunia pada tahun 1901. Henri de Toulouse-Lautrec menderita kondisi kesehatan bawaan dari keluarga pernikahan sedarah. Kakinya berhenti tumbuh sehingga ia tergolong sebagai orang yang `kecil` atau biasa dikenal dengan manusia kerdil.

Henri de Toulouse-Lautrec meninggal karena adanya komplikasi akibat alkoholisme dan sifilis di Malromé, Prancis.

Pada lelang 2005 di rumah lelang Christie, ditetapkan rekor baru ketika salah satu lukisan sang seniman di google doodle ini dijual seharga USD $ 22,4 juta atau sekitar Rp 272 miliar. (jaz/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.