Sukses

Samsung Siap Ekspansi Pasar Smartphone 4G di Indonesia

Samsung mengklaim telah memiliki smartphone 4G dari berbagai kategori yang akan segera masuk ke Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Layanan teknologi telekomunikasi berbasis 4G LTE (Long Term Evolution) sedang digenjot persiapannya agar segera bisa tersedia di Indonesia. Ekosistem pendukung 4G pun kemudian menjadi isu hangat perbincangan sebagai faktor yang sedang didorong agar matang dan memenuhi kebutuhan pasar.

Smartphone yang dilengkapi fitur pendukung 4G yang masih terbilang mahal jadi salah satu masalah ekosistem 4G yang harus ditanggulangi. Perusahaan pembuat ponsel yang berpusat di Korea Selatan, Samsung, mengaku tengah mempersiapkan ekspansinya di pasar smartphone berteknologi 4G di Tanah Air.

"Samsung sudah punya beberapa line-up produk berteknologi 4G yang akan masuk ke Indonesia untuk mendukung ekosistem yang sedang dibangun oleh banyak pihak. Kemungkinan di tahun 2015 akan ada beberapa yang masuk ke sini," kata Joedi Wisoeda, Director Product Marketing Samsung Indonesia kepada tim Tekno Liputan6.com.

Ia melanjutkan, perusahaannya telah memiliki line-up yang cukup lengkap terkait kategori harga produk yang akan dipasarkan. Joedi menyebutkan produknya kelak akan mengisi segmen kelas menengah bawah hingga atas agar bisa diakses oleh semua kalangan.

"Sementara ini, produk yang sudah siap 4G yang ada di pasaran Indonesia baru Galaxy Alpha sama Galaxy Tab S ukuran 10 inci dan 8 inci. Nanti akan kita tambah lagi produk di kelas lainnya. Kalau sudah punya Alpha atau Galaxy Tab S tinggal update firmware yang kemungkinan kita sediakan mulai Desember 2014 setelah ujicoba dilakukan operator," tambah Joedi.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menilai ekosistem handset berteknologi 4G LTE masih dinilai sebagaipenghambat digelarnya layanan berbasis internet cepat itu.

Rudiantara berharap handset 4G LTE di pasaran sudah siap setelah para vendor ponsel tentang rencana penggelaran jaringan komersial mulai akhir tahun 2014 ini. (den/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini