Sukses

Tongsis Masuk Dalam Penemuan Terbaik Tahun 2014

Fenomena selfie ternyata sukses menjadikan stik selfie atau tongkat narsis (tongsis) sebagai salah satu penemuan terbaik di 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Fenomena selfie ternyata sukses menjadikan stik selfie atau tongkat narsis (tongsis) sebagai salah satu penemuan terbaik di 2014. Tongsis masuk di dalam daftar The 25 Best Inventions of 2014 yang dirilis oleh majalah Time.

Tongsis adalah alat yang digunakan untuk selfie dari jarak jauh. Alat ini berupa tongkat yang dapat dipanjangkan dan bagian ujungnya terdapat tempat untuk menaruh smartphone.

"Jika 2013 adalah tahun dimana selfie menjadi kata yang populer, lalu 2014 adalah tahun dimana selfie menjadi fenomena budaya," jelas Time seperti dilansir Time.com, Kamis (27/11/2014).

Mengutip laporan dari Pew, Time mengungkapkan bahwa setidaknya seperempat orang Amerika Serikat (AS) mem-posting foto selfie mereka di jejaring sosial. Bahkan orang-orang terkenal di dunia diketahui gemar selfie, seperti Presiden Barack Obama, Ellen Degeneres, dan Kim Kardashian.

Fenomena selfie tidak hanya terjadi di luar negeri, tapi juga di Indonesia. Bahkan selfie sudah menjadi pemandangan biasa yang bisa kita lihat di berbagai tempat, termasuk saat berkumpul atau sedang sendiri.

Lebih lanjut, Time menambahkan bahwa sejumlah perusahaan melihat adanya pasar baru yang bisa mereka manfaatkan dengan popularitas selfie. Hasilnya, tongsis bisa ditemukan dengan mudah di pasaran dan diproduksi oleh berbagai brand.

"Tongsis benar-benar memberikan nilai tambah. Saya melihat banyak orang menggunakannya," kata analis teknologi mobile di perusahaan riset Gartner, Van Baker.

Perangkat lain yang masuk dalam daftar 25 Best Invention of 2014 , antara lain adalah printer 3D, Apple Watch, smartphone Android Blackphone, dan tablet Microsoft Surface Pro 3.  (din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.