Sukses

Google Singkirkan Game Pembunuh Gay

Raksasa mesin pencari ini memblokir sebuah game bernama Ass Hunter, yang mengajak para gamer untuk membunuh gay.

Liputan6.com, Jakarta - Google kembali 'membersihkan' toko aplikasi Android-nya, Play Store. Raksasa mesin pencari ini memblokir sebuah game bernama Ass Hunter, yang mengajak para gamer untuk membunuh gay. 

Menurut yang dilaporkan laman Telegraph, Rabu (26/11/2014), langkah Google ini menyusul laporan yang menyebutkan bahwa perusahaan menerima banyak keluhan terkait kehadiran game tersebut.

"Anda adalah seorang pemburu dan misi Anda adalah membunuh gay sebanyak mungkin," demikian deskripsi game tersebut di laman Google Play Store.

Aplikasi ini diunggah pada hari Minggu lalu, (23/11/2014), dan dengan cepat mendapatkan kritik di Twitter. Desainer grafis, Lee Dalgleish, misalnya, menyatakan keterkejutannya saat mengetahui game itu ada di Play Store. Pengguna lain, Alex Guichet, menilai game itu kasar dan menghimbau orang-orang untuk melaporkan kepada Google.

Menurut laporan, game ini telah diunduh lebih dari 10 ribu kali. Google sendiri telah menegaskan dalam kebijakan developer, bahwa perusahaan tidak mengizinkan konten yang menyinggung ras, etnik, game, jenis kelamin, usia, status veteran, atau orientasi seksual dan identitas jenis kelamin.

Google telah menghapus Ass Hunter dari daftar aplikasi Play Store. Namun perusahaan menolak berkomentar dengan alasan tidak mengeluarkan pernyataan mengenai aplikasi tertentu. Pihak developer game itu juga menolak berkomentar.

Ini bukan kali pertama Google melakukan tindakan serupa. Pada awal tahun ini, Google dipaksa menghapus sebuah game bernama Bomb Gaza, pasca dikecam oleh publik.  (din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini