Sukses

28 Toko Online Berkoalisi Gelar Festival Belanja

Ada banya promo menarik mulai dari 5hock Marathon, diskon Rp 50 ribu untuk tiap situs belanja serta hadiah bagi yang belanja paling banyak.

Liputan6.com, Jakarta - Belanja online telah menjadi kebiasaan baru bagi segelintir orang untuk memenuhi kebutuhannya. Sekelompok pelaku bisnis online alias e-commerce mencoba menggali potensi transaksi online tersebut.

Para pelaku e-commerce bergabung membuat event bernama Festival Belanja Online (FBO) 2014 yang diselenggarakan pada 25 November - 5 Desember 2014. Kelompok ini terdiri dari 28 perusahaan jualan online yang cukup populer di kalangan pengguna internet seperti Groupon, Bhinneka, Blibli dan banyak lagi.

FBO 2014 diharapkan pihak penyelenggara agar bisa menggali potensi transaksi online yang terbilang besar di Indonesia. Laporan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di tahun 2013 diklaim menjadi patokan dalam optimalisasi potensi belanja online di Tanah Air.

"Secara potensi Indonesia itu besar sekali untuk transaksi online. Laporan Kementerian Kominfo di tahun 2013 menyebutkan dari sekitar 250 juta penduduk Indonesia, sekitar 30%-nya telah terkoneksi internet, kita ingin optimalkan potensi belanja online lewat event ini," kata Muhammad Arif, Ketua Penyelenggara FBO 2014.

Koalisi situs jualan online ini menyediakan berbagai promo menarik bagi para pengunjung yang ingin berbelanja mulai dari 5hock Marathon, diskon Rp 50 ribu untuk setiap situs belanja serta hadiah bagi pengunjung yang belanja paling banyak.

"Kami targetkan event ini bisa menghasilkan lonjakan trafik sampai dengan 400%. Sedangkan secara transaksi, kita harapkan bisa dapat total Rp 25 miliar dari gabungan transaksi seluruh perusahaan yang ikut ambil bagian," ungkap Arif saat ditemui tim Tekno Liputan6.com di Hong Kong Cafe.

Arif juga memaparkan bahwa setiap perusahaan yaang ikut serta dalam festival ini telah memilih kategorinya secara spesifik agar tidak bentrok dengan online retailer lainnya.

"Kita gak mau jadi kanibalistik di setiap peserta jadi kita sesuaikan kategori produk yang akan disertakan di FBO 2014," tandasnya. (den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini