Sukses

Ribuan Orang Tumpah Ruah di Startup Asia Jakarta 2014

Lebih dari 1.700 peserta diklaim telah mendaftar di event Startup Asia Jakarta 2014, mulai dari pemilik startup hingga para investor.

Liputan6.com, Jakarta - Ajang pertemuan para startup se-Asia, Startup Asia Jakarta 2014, resmi digelar di Jakarta mulai hari ini. Lebih dari 1.700 peserta diklaim telah mendaftar di event ini, mulai dari pemilik startup hingga para investor.

Bertempat di gedung Plaza Bapindo, para startup terbaik, pengusaha lokal dan regional, investor, developer (pengembang), dan sejumlah pembicara dari perusahaan ternama berkumpul di sini.

Andy Zain -- Director Jakarta Founder Institute yang juga menjabat sebagai Managing Director Mountain SEA Ventures membuka panggung konferensi Startup Asia Jakarta 2014 melalui keynote speech tentang perkembangan teknologi di Indonesia.

Zain menekankan bahwa Indonesia saat ini memiliki jumlah pengguna internet sebanyak 80 juta user. Di negara maju seperti Amerika Serikat, 20 persen ritel sudah menjalankan bisnisnya secara online. Namun di Indonesia, jumlahnya masih kurang dari satu persen. Menurut Zain ini merupakan potensi besar bagi mereka yang berada di industri fintech dan e-commerce.

Selain itu, Zain juga membeberkan sejumlah kendala pertumbuhan di Indonesia, termasuk lambatnya koneksi internet, logistik yang tidak efisien, hambatan modal manusia, dan kesulitan dengan e-payment.

"Indonesia juga masih harus berjuang dengan masalah yang struktural yang sudah mengakar seperti ketergantungan pada sistem berbasis kertas, kurangnya infrastruktur fisik, peraturan yang kuno, rendahnya kepercayaan konsumen serta kurangnya perlindungan konsumen," terangnya.

Di acara Startup Asia Jakarta 2014 ini, selain sesi sharing, akan ada pula Startup Arena, Hackathon --yakni kompetisi membuat aplikasi dalam waktu 24 jam, serta Bootstrap Alley. Para pelaku startup memamerkan produk dan layanannya kepada ribuan pengunjung.

Bagi yang ingin mencari investor, di konferensi ini ada sesi yang dinamakan Startup Investor Speed Dating. Lebih dari 30 investor akan hadir, sehingga para startup dapat kesempatan bertemu dan berdialog langsung dengan investor. 

Acara Startup Asia Jakarta 2014 diselenggarakan selama dua hari, mulai 26-27 November 2014 di Plaza Bapindo, Jakarta.  (dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.