Sukses

25 Tim Akan Wakili Indonesia di Kompetisi ICT Internasional

Sebagian besar karya asal Indonesia diklaim akan menampilkan inovasi yang bakal bersaing di hampir semua kategori yang dilombakan.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia sedang mempersiapkan ajang Asia Pacific Information Communication Technology Alliance (APICTA) yang akan berlangsung di Jakarta. Terdapat 25 tim yang akan mewakili Indonesia di ajang internasional tersebut.

Di ajang ini karya-karya inovatif dan kreatif diadu untuk mendapatkan penilaian terbaik dari juri. Sebagian besar karya asal Indonesia diklaim akan menampilkan inovasi yang bakal bersaing di hampir semua kategori yang dilombakan.

"Kita ikut di 12 kategori dari 15 kategori yang disediakan di kompetisi ini. Kita harapkan perwakilan Indonesia bisa dapat medali juara di setiap kategori, kita berikan dukungan penuh untuk mereka juga doa supaya sukses," ujar Septriana yang juga jadi penanggung jawab APTICA 2014.

Septrian melanjutkan, APICTA merupakan ajang kompetisi di bidang teknologi yang mewadahi 16 negara di Asia Pasifik. Pada ajang APICTA tahun ini 13 negara ikut ambil bagian menjadi peserta dengan 2 negara pendamping, Jepang dan Myanmar.

Malaysia merupakan negara yang bisa dibilang sebagai pesaing berat bagi Indonesia di APICTA 2014. Negeri Jiran itu menjadi negara paling banyak mengirimkan peserta dan mengisi semua kategori.

"Malaysia jadi negara paling banyak kirim peserta. Mereka kirim 30 tim dan ada di semua kategori, ini mungkin bisa disebutkan sebagai lawan yang cukup berat untuk perwakilan kita," ungkap Septriana.

Meskipun demikian, Septriana mengaku optimistis Indonesia akan memenuhi target pencapaian yang ditentukan untuk APICTA 2014. "Karya anak-anak Indonesia itu keren banget lho, saya yakin karya mereka bakalan lebih unggul dari peserta negara lainnya," tandasnya bernada optimis. (den/dew) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.