Sukses

Ini Dia Sepatu Tuna Netra Karya Anak Bangsa

Sepatu ini memiliki kemampuan mengenali jarak, ketinggian maupun pemberi sinyal kepada orang lainnya agar lebih berhati-hati.

Liputan6.com, Jakarta - Penyandang disabilitas lebih rentan menghadapi permasalahan dalam mengakses lingkungan sekitarnya. Sebuah perangkat canggih dibuat untuk penyandang tuna netra agar bisa dengan lebih mudah mengakses lingkungan sekitar.

Adalah Naskan, yang merupakan pencipta sepatu khusus bagi penyandang tuna netra. Melalui perusahaan rintisan (startup) miliknya yang bernama Aswan Tech, ia mengembangkan sepatu unik dengan menyematkan berbagai sensor bagi para penyandang tuna netra.

Sepatu ini memiliki kemampuan mengenali jarak, ketinggian maupun pemberi sinyal kepada orang lainnya agar lebih berhati-hati. Sensor yang ditempatkan sepatu ini akan mengirim peringatan berupa getaran bagi penggunanya saat menghadapi berbagai rintangan yang dihadapinya.

Pembuatan sepatu canggih ini terinspirasi dari kerabatnya yang tiba-tiba kehilangan fungsi visualnya. Keinginannya membantu sang kerabat membuatnya melakukan serangkaian percobaan demi menghadirkan perangkat inovatif sebagai alat bantu.

"Produk ini saya kembangkan selama sebulan penuh saat menghadapi kompetisi INAICTA 2014 bulan Agustus kemarin. Sebenarnya keinginan saya membuat produk ini sudah ada sejak 2010 lalu, tapi karena banyak alasan jadi baru bisa direalisasikan," ungkap Naskan.

Sementara ini, pembuatan sepasang sepatu untuk tunanetra ini menghabiskan biaya hampir Rp 1 juta. Ke depannya, Naskan berharap produk ini bisa diproduksi secara massal dengan harga yang jauh lebih terjangkau.  (den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.