Sukses

Promosikan Layanan 4G LTE, Operator Harus Transparan

Pelanggan harus dijelaskan sedetail mungkin apa-apa saja hal yang harus dilakukan jika ingin merasakan uji coba layanan 4G.

Liputan6.com, Jakarta - Layanan telekomunikasi berbasis teknologi frequency division duplexing long term evolution (FDD-LTE) alias 4G belum digelar secara resmi di Indonesia. Belum adanya regulasi dari pihak pemerintah diklaim menjadi penghambat utama adopsi jaringan 4G LTE secara komersial.

Di sisi lain, hampir seluruh operator seluler Tanah Air mengklaim telah siap menggelar layanan telekomunikasi berbasis 4G LTE. Tiga operator terbesar, Telkomsel, XL, dan Indosat bahkan sudah beberapa kali menggelar ujicoba jaringan 4G LTE.

Namun begitu, pengamat industri IT dan Telekomunikasi Teguh Prasetya berharap agar para operator dapat transparan dalam mempromosikan gelaran ujicoba 4G LTE mereka. Sebab, seperti yang telah diketahui sebelumnya, promosi ujicoba layanan 4G LTE yang digelar XL sempat menuai protes karena dianggap menyesatkan persepsi pelanggan.

"Pemerintah harus mempersiapkan regulasi, operator harus mempersiapkan infrastruktur, dan berbagai hal pendukung lainnya. Dan yang terpenting, promosi dan sosialisasi layanan 4G LTE harus transparan dan dipahami masyarakat," papar Teguh saat dihubungi tim Tekno Liputan6.com via sambungan telepon, Senin (1/12/2014).

Menurut Teguh, masyarakat harus dijelaskan sedetail mungkin apa-apa saja hal yang harus dilakukan jika ingin merasakan ujicoba layanan 4G. Jangan sampai pelanggan operator seluler salah paham dan mengira jika layanan 4G LTE sudah benar-benar digelar dan bisa dinikmati oleh seluruh pelanggan di seluruh wilayah.

"Coba dijelaskan secara rinci bagaimana caranya agar bisa mencicipi layanan 4G LTE, wilayah mana saja yang ter-cover, dan jangan sampai pelanggan salah paham. Dikiranya nanti layanan 4G LTE sudah digelar secara keseluruhan, padahal nyatanya belum," ungkap Teguh.

Teguh sendiri berharap regulasi dan infrastruktur terkait layanan 4G LTE dapat segera rampung. Selain itu, pelanggan juga harus disiapkan dalam melakukan transisi dari 3G ke 4G. "Idealnya tahun depan sudah bisa digelar," kata Teguh.

Pihak pemerintah sendiri melalui Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, menyambut baik ujicoba jaringan 4G LTE yang digelar oleh para operator seluler. Menurut Rudiantara, saling berlomba demi layanan yang lebih baik bagi masyakarat adalah hal yang positif.

Sayangnya, Rudiantara hingga kini masih belum bisa memastikan kapan regulasi penyelenggaraan layanan komersil 4G LTE akan diresmikan. (dhi/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini