Sukses

Mesin Canggih Ini Bisa Ubah Air Jadi Bensin

Sekelompok insinyur kimia dari Jerman merancang sebuah mesin yang dapat mengubah air menjadi bensin.

Liputan6.com, Jerman - Banyak desainer yang berlomba-lomba untuk membuat mobil yang bisa berjalan di atas air. Tapi mereka lupa bahwa kendaraan itu dapat membuat penggunaan bahan bakar minyak (bbm) kian meningkat.

Untuk memecahkan masalah tersebut, sekelompok insinyur kimia dari Jerman merancang sebuah mesin yang dapat mengubah air menjadi bensin. Mesin itu mampu mensintesis bahan bakar berbasis minyak bumi dari air dan karbon dioksida. Mesin ini dapat mengkonversi gas yang diekstrak dari air menjadi bahan bakar hidrokarbon cair.

Mengutip laman Ubergizmo, Kamis (4/12/2014), CFO dan co-founder perusahaan mekanis Sunfire GmbH, Nils Aldag, mengatakan bahwa mesin ini merupakan sebuah `keajaiban` karena benar-benar mengubah cara manusia memproduksi bahan bakar untuk mobil, pesawat, dan juga industri kimia. 

Mesin itu sendiri beroperasi menggunakan daya listrik, memanfaatkan proses yang dikenal dengan sebutan Fischer-Tropsch Synthesis, yang pertama kali dikembangkan oleh ahli kimia Jerman Franz Fischer dan Hans Tropsch pada tahun 1925.

Metode tersebut diklaim dapat mengkonversi pewarnaan, tidak berbau, tidak mudah terbakar serta gas hidrogen yang diambil dari uap air menjadi bahan bakar cair berbasis seperti jet minyak tanah dan solar melalui elektrolisis.

Sunfire GmbH berharap mesin canggih ini siap digunakan secara komersil pada tahun 2016 mendatang. (isk/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.