Sukses

Hacker Umbar Daftar Password Sony Pictures

Kelompok hacker GOP merilis daftar password Sony Pictures, mulai dari password komputer hingga akun media sosial fim-film Sony.

Liputan6.com, Jakarta - Hacker di balik peretasan sistem komputer Sony Pictures, Guardian of Peace (GOP), kembali menjadi topik pembicaraan. GOP merilis daftar password Sony Pictures, mulai dari komputer hingga akun media sosial fim-film Sony.

Menurut The Next Web, Jumat (5/12/2014), mereka mengklaim telah menerima email berupa file dari GOP yang berisi daftar password Sony Pictures. Email itu antara lain berisi file ZIP dan Excel.



Sebuah folder bernama 'Password' berisi banyak file Excel, yang sebagian besar tidak diproteksi dan ternyata berisi password untuk berbagai sistem, seperti ponsel dan American Express Credit Cards (Amex). Selain itu, dalam sebuah file bernama 'computer passwords' berisi informasi peribadi untuk login ke jaringan perusahaan.

GOP juga merilis file 'Social Password Log', yang berisi password untuk akun media sosial film-film milik Sony Pictures. Kelompok hacker itu diduga menggunakan data file tersebut untuk meretas sejumlah akun sosial media film Sony beberapa waktu lalu.



Tak hanya itu, sebuah file lain ternyata berisi daftar password untuk mengakses FTP ke banyak kantor Sony Pictures di seluruh dunia. Sementara bocoran password telah beredar luas di internet, pihak Sony belum memberikan komentar.

Di sisi lain, perusahaan saat ini diketahui tengah melakukan investigasi. Sejumlah laporan mengungkapkan bahwa Korea Utara (Korut) kemungkinan terlibat dalam serangan cyber tersebut.

Keterlibatan Korut disinyalir berhubungan dengan film terbaru Sony Pictures, The Interview. Film komedi ini menceritakan tentang rencana pembunuhan terhadap pimpinan Korut, Kim Jong Un.

(din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.