Sukses

10 Perbandingan PC Windows dan Apple Mac (Bagian I)

Sejak era 2000-an, Apple Mac hadir sebagai pesaing serius PC Windows yang menawarkan atmosfer modern pada pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - Personal computer (PC) berbasis Windows dan komputer Mac besutan Apple bersaing ketat sejak dahulu. Masing-masing memiliki pengguna fanatik yang kerap saling klaim menjadi yang terbaik.

Jika kita melihat dua atau tiga dekade ke belakang, mugkin PC bersistem operasi Windows patut diakui lebih populer. Tapi sejak era 2000-an, Mac hadir sebagai pesaing serius yang menawarkan atmosfer modern pada pengguna.

Tak sekedar dari sisi sistem operasi Mac OS yang diciptakan dengan begitu inovatif oleh Apple. Komputer Mac juga menawarkan desain perangkat elegan yang dipuja-puji penggemar, sekaligus pembencinya.

Namun Microsoft selaku empunya OS Windows tak mau pasar perangkat komputer pribadi dikuasai oleh Apple. Mereka pun merilis OS anyar Windows 8 dan 8.1 untuk menyaingi kecanggihan Mac OS.

Lalu mana yang terbaik? Sulit untuk diungkapkan memang. Namun informasi 10 perbedaan antara PC Windows dan Mac berikut ini mungkin dapat dijadikan referensi bagi Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mac unggul di sisi desain

1. Mac unggul di sisi desain

Steve Jobs menanamkan filosofi kesempurnaan pada Apple. Hal ini pun terlihat pada jajaran seri komuter Mac. Desain Mac yang mengusung konsep all-in-one PC dibangun dengan sangat baik. Bahkan komponen internal Mac pun diatur sedemikian rupa agar nampak indah.

Desain jajaran PC Windows pun sebenarnya kini sudah semakin modern. Masing-masing produsen dibebaskan untuk mendesain model PC yang akan dipasarkan. Namun tetap saja, komputer Mac selalu mampu tampil lebih elegan.

3 dari 6 halaman

Harga PC Windows lebih terjangkau

2. Harga PC Windows lebih terjangkau

Rata-rata Mac dipasarkan dengan banderol lebih mahal dibanding PC berbasis Windows. Bahkan sejumlah PC Windows yang telah dilengkapi spesifikasi mumpuni harganya terkadang masih lebih murah dari Mac.

4 dari 6 halaman

Gamer lebih mencintai PC Windows

3. Gamer lebih mencintai PC Windows

Kelebihan sebuah PC berbasis Windows adalah penggunanya dibebaskan untuk mengkustomisasi spesifikasi yang ingin diusung. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengguna segmen khusus, terutama gamer.

Sebagai contoh, di PC Windows, kartu grafis yang digunakan dapat diubah-ubah sesuai selera atau kebutuhan judul video game yang ingin dimainkan. Belum lagi kapasitas memori yang juga dapat disesuaikan.

Anda ingin melakukan kustomisasi di perangkat Mac? Bisa saja, namun biayanya tak sedikit.

5 dari 6 halaman

Mac menawarkan layanan purna jual yang lebih baik

4. Mac menawarkan layanan purna jual yang lebih baik

Ketika Mac Anda rusak, Anda tinggal menyambangi Apple Store dan masalah selesai. Namun patut diingat, di Indonesia belum ada Apple Store. Akan tetapi para retailer produk Apple di Indonesia juga dikenal cukup mampu memberikan pelayanan purna jual yang sangat baik.

Sedikit berbeda dengan PC berbasis Windows. Kemampuan kustomisasi dengan memadu-madankan berbagai brand dalam satu rangakaian PC membuat pengguna akan sedikit sulit mengklaim garansi bila terjadi kerusakan.

6 dari 6 halaman

Mac lebih tahan virus

5. Mac lebih tahan virus

Jumlah pengguna PC Windows yang sangat banyak membuat para hacker lebih senang mengincarnya dibandingkan Mac. Jumlah pengguna Mac memang belum sebanyak dan seluas PC Windows, maka dari itu, Mac cenderung lebih aman dibandingkan PC Windows.

...bersambung ke artikel selanjutnya... >>>

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.