Sukses

Gadget Ini Bantu Anda Deteksi Kebohongan

Kokoro Scanner mudah dipakai, hanya perlu dipasang di kepala selayaknya memakai topi.

Liputan6.com, Jakarta - Perangkat teknologi yang bermunculan belakang ini semakin banyak fungsi dan kegunaannya. Ponsel pintar, kacamata pintar, gelang pintar hingga alat pintar lainnya kemudian lahir untuk membantu manusia dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Tak hanya perangkat yang dibutuhkan dalam aktivitas sehari-hari, perangkat canggih lainnya pun lahir di era serba pintar ini. Misalnya saja perangkat detektor kebohongan. Alat ini dibuat untuk mengetahui apakah seseorang yang sedang berada di hadapan kita sedang berbohong atau tidak.

Perangkat canggih pendeteksi kebohongan ini dikembangkan oleh sebuah perusahaan asal Jepang. Dibuat dalam desain yang ramping dan model yang sangat mudah dikenakan, membuatnya lebih simpel dibandingkan detektor kebohongan lain yang sudah pernah dibuat.

Diberi nama Kokoro Scanner, perangkat gadget ini mudah dipakai yakni hanya mengenakannya di kepala selayaknya memakai topi. Pembuatnya sendiri membuat desain Kokoro Scanner hampir mirip seperti headset dengan sedikit bulatan di bagian depan wajah penggunanya.

Cara penggunaannya, seperti dikutip Tekno Liputan6.com dari Daily Mail, Senin (8/12/2014), setiap orang yang akan dilakukan uji kebohongan bakal dites melalui sekitar 15 pertanyaan yang sudah ditentukan oleh sistem yang ada di dalamnya.

Dalam menganalisa seseorang berbohong atau tidak, alat ini akan melihat bagaimana denyut jantung, tekanan darah maupun cara mengambil nafas orang tersebut. Setelah itu, lampu indikator yang ada pada alat tersebut akan memberitahukan jika ia sedang berbohong atau tidak.

Terdapat tiga indikator di perangkat ini, yakni berwarna hijau ketika orang yang diuji tidak berbohong. Indikator berwarna kuning menunjukkan kemungkinan seseorang sedang berbohong serta warna merah yang menunjukkan orang itu sedang berbohong.

Untuk memiliki perangkat ini Anda hanya cukup mengeluarkan uang sekitar Rp 600 ribu. Sayangnya, masih belum ada kabar lebih lengkap soal waktu produk pendeteksi kebohongan ini bakalan dijual secara luas ke pasar. (den/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.