Sukses

Terungkap, Hacker Sony Pictures Berasal dari Bangkok

Hacker pelaku penyerangan itu diduga kuat berasal dari Bangkok, Thailand. Tepatnya berlokasi di sebuah hotel bintang lima.

Liputan6.com, Jakarta - Anda pasti sudah tahu informasi mengenai peretasan yang dilakukan hacker terhadap Sony Pictures. Laporan awal menyebutkan bahwa Korea Utara (Korut) kemungkinan terlibat dalam serangan cyber tersebut.

Terkini, Bloomberg mengungkapkan informasi terbaru soal siapa dalang di balik peretasan ini. Hacker pelaku penyerangan itu diduga kuat berasal dari Bangkok, Thailand. Tepatnya berlokasi di hotel bintang lima, St. Regis Hotel.

Menurut sumber anonim dari Bloomberg, dalam melakukan aksinya para penyerang menggunakan internet berkecepatan tinggi. Demikian seperti dikutip dari laman Ubergizmo, Senin (8/12/2014).

Ahli cybersecurity menelusuri jejak digital dari hacker saat mereka kembali ke hotel, yang kemungkinan serangan itu dilakukan dari jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan terbuka yang tersedia di hotel.

Namun hingga saat ini Starwood Hotels & Resorts selaku pemilik St. Regis Hotel belum mau berkomentar atau mengeluarkan pernyataan resmi berkaitan dengan klaim tersebut.

Sejauh ini hacker menyerang Sony Pictures dipastikan hanya karena dendam. Pasalnya hingga kini mereka tidak melakukan pemerasan. Baru-baru ini hacker bahkan mengirim pesan bernada ancaman kepada sejumlah karyawan Sony Pictures.

Belum jelas mengapa kelompok hacker yang mengatasnamakan dirinya sebagai Guardian of Peace (GOP) menyerang studio film yang berbasis di Culver City, California itu. (isk/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini