Sukses

Kapan XL Komersialkan Layanan 4G LTE?

PT XL Axiata telah menyatakan diri soal kesiapannya menghadirkan layanan berbasis teknologi 4G LTE (Long Term Evolution).

Liputan6.com, Jakarta - PT XL Axiata telah menyatakan diri soal kesiapannya menghadirkan layanan berbasis teknologi 4G LTE (Long Term Evolution). Persiapan peluncuran resmi ketersediaan layanan 4G LTE secara komersial sedang dilakukan operator terbesar kedua di Indonesia tersebut.

"Kami tengah menunggu sertifikasi Uji Laik Operasi (ULO) dari regulator untuk 4G di 900 MHz. Bulan Desember ini pasti kita luncurkan layanan tersebut,” ungkap Rahmadi Mulyohartono, Head Of Network Planning XL di Jakarta, Rabu (10/12/2014).

Sedangkan persiapan infrastruktur pendukung 4G LTE disebutkan telah dilakukan XL sejak lama pada base transceiver station (BTS), radio maupun perangkat lunak miliknya demi menghadirkan layanan 4G secara komersial bagi pelanggannya.

"Secara jaringan kita semua sudah siap karena menerapkan single radio Access Network (RAN). Investasi per eNodeB (BTS 4G) kira-kira Rp 1 miliar. Kita punya banyak eNodeB nanti kala komersial resmi, lihat saja nanti," katanya.

Dijelaskan oleh Rahmadi, XL dalam menggelar layanan 4G LTE secara komersial akan memanfaatkan lebar pita maksimal 5 Mhz di frekuensi 900 MHz dengan mengadopsi pola dinamis.

"Kita lihat pola trafiknya, kalau padat dan banyak permintaan akan dinaikan lebar pita yang digunakan. LTE itu bisa memanfaatkan lebar pita mulai dari 1,4 Mhz, 3 Mhz, 5 Mhz, 10MHz,15 Mhz, dan 20 MHz. Nah, kita akan mulai dari 1,4 MHz hingga 3 MHz, kalau trafik naik ditambah hingga maksimal 5 Mhz," imbuh Rahmadi.

Lebih lanjut, Rahmadi mengungkapkan bahwa perusahaannya tak bisa menghabiskan alokasi di 900 MHz selebar 7,5 Mhz karena harus melayani pelanggan 2G di frekuensi itu.

"Pengguna layanan suara dan sms masih banyak memakai pita frekuensi 900 Mhz, kita gak bisa abaikan mereka yang sudah ada di situ," tambahnya.

Sayangnya, Rahmadi masih belum mengungkap secara pasti kapan layanan 4G LTE komersial dari XL akan dilepas ke pasaran. "Secepatnya, pastinya masih tahun ini. Kita akan segera kasih kabar kalau sudah siap diluncurkan," tandas Rahmadi.

(den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.